Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Monday, 9 Syawwal 1441 / 01 June 2020

Durasi Puasa Ramadhan 2020 di Inggris 17 Jam

Kamis 09 Jan 2020 07:15 WIB

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Durasi Puasa Ramadhan 2020 di Inggris 17 Jam.

Durasi Puasa Ramadhan 2020 di Inggris 17 Jam.

Foto: Republika/mgrol101
Menurut kalender Umm al-Qura Arab Saudi awal Ramadhan jatuh di Jumat, 24 April 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Ramadhan kini semakin dikenal sebagai waktu bagi umat Muslim untuk berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam. Puasa dilakukan selama sebulan dalam satu tahun sesuai kalender Islam.

Meski demikian, tanggal pasti bulan Ramadhan tiap tahunnya berbeda. Ini terjadi karena perhitungannya menggunakan kalender Islam atau hitungan bulan, bukan kalender Romawi.

Kalender lunar berjalan sekitar 354 hari, lebih pendek dari 365 hari yang dibutuhkan bumi untuk mengorbit matahari. Perhitungan orbit matahari ini digunakan sebagai dasar kalender Gregorian yang digunakan oleh sebagian besar dunia Barat.

Sebagai akibatnya, tanggalan Islam mengalami percepatan hitungan 10 atau 11 hari dalam setahun. Jadi kapan Ramadhan diperkirakan jatuh pada 2020 dan berapa lama puasa hari itu?

Dilansir di Birmingham Live, Ramadhan 2020 dimulai pada Senin, 6 Mei dan berakhir pada 4 Juni. Perhitungan bulan dalam Islam berlangsung selama 29 atau 30 hari.

Ada beberapa variasi dalam pengumuman penampakan bulan untuk mengakhiri Ramadhan dan mengumumkan awal bulan depan (Syawal). Bagi beberapa komunitas dan jamaah bisa dimulai dan selesai pada hari yang berbeda.

Perbedaan tanggal ini telah berlangsung selama bertahun-tahun. Tetapi kini setiap komunitas telah sampai pada titik di mana para ahli menyerukan diakhirinya 'perang bulan' dengan mendirikan dewan penampakan bulan Inggris.

Untuk 2020, awal Ramadhan ditetapkan pada Jumat, 24 April 2020. Hasil ini diambil oleh Kalender Umm al-Qura Arab Saudi.

Perhitungan resminya akan ditentukan dengan melihat bulan secara resmi mendekati tanggal tersebut. Tetapi bisa dipastikan awal Ramadhan di sekitar tanggal tersebut.

Kalender Umm al-Qura juga menandai Idul Fitri terjadi pada 24 Mei. Hal ini menunjukkan Ramadhan berakhir sehari sebelumnya, Sabtu, 23 Mei 2020.

Meski demikian, tidak semua Muslim di Inggris mengikuti tanggal yang diberikan di Arab Saudi. Beberapa mencari pengumuman di Inggris, Maroko atau lokasi lainnya.

Tetapi tanggal-tanggal di atas setidaknya memberikan beberapa gagasan bagi mereka yang ingin merencanakan beberapa hal ke depan. Puasa dimulai pagi-pagi sekali, setelah makan yang disebut sahur, dan berakhir setelah matahari terbenam dengan makan yang disebut berbuka puasa.

Umat Muslim di Inggris pada 2019 harus berpuasa lebih dari 18 jam. Pada 2020, Ramadhan jatuh di April dan berarti hari yang dijalani sedikit lebih pendek.

Matahari terbit lebih cepat satu jam kemudian. Hal ini menyebabkan waktu puasa menjadi sedikit lebih pendek, sekitar 17 jam.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA