Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

BMKG Sulut Ingatkan Cuaca Ekstrem Hingga 10 Januari

Rabu 08 Jan 2020 23:36 WIB

Red: Israr Itah

Cuaca ekstrem (ilustrasi)

Cuaca ekstrem (ilustrasi)

Foto: Antara/Umarul Faruq
Belokan angin di wilayah Sulut berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat.

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara (Sulut) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga tanggal 10 Januari. Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Carisz Kainama mengatakan, siklon tropis Blake 985 hPa di bagian Barat Laut Australia dan daerah pusat tekanan rendah 1001 hPa di Laut Arafura menyebabkan terjadinya pola angin shearline (belokan angin) di wilayah Sulut.

Baca Juga

"Belokan angin di wilayah Sulut berpotensi menyebabkan hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Sulut," sebut Carisz di Manado, Rabu (8/1).

Cuaca pada hari ini, jelas dia, diperkirakan hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai petir dan angin kencang. Daerah berpotensi cuaca seperti ini yaitu wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya, pada tanggal 9 Januari berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, dan Kabupaten Minahasa Selatan. Begitu pun di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Kondisi tak jauh berbeda juga terjadi di tanggal 10 Januari di mana diperkirakan hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kota Manado, Kota Tomohon, dan Kota Kotamobagu.

Selanjutnya, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

"Kami berharap warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat cuaca ekstrem," kata dia mengimbau.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA