Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Kayu Manis Mana yang Boleh Sering Dikonsumsi?

Kamis 09 Jan 2020 04:21 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Selain untuk bumbu masakan, kayu manis sering dicampur ke dalam kopi (Foto Kayumanis/Cinnamon)

Selain untuk bumbu masakan, kayu manis sering dicampur ke dalam kopi (Foto Kayumanis/Cinnamon)

Foto: Public Domain Pictures
Selain untuk bumbu masakan, kayu manis sering dicampur ke dalam kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kayu manis cukup disukai banyak orang. Selain dicampurkan ke dalam masakan, kayu manis juga bisa ditaburkan ke dalam secangkir kopi.

Bukti ilmiah yang berkembang menunjukkan ada banyak manfaat kesehatan kayu manis. Kayu manis dapat membantu mengontrol gula darah, mengerahkan efek antimikroba, mengurangi peradangan, melindungi terhadap penyakit kardiovaskular, meningkatkan kognisi, melawan pertumbuhan tumor, dan bahkan mengatur siklus hormon wanita.

Namun, ternyata penting untuk mengetahui jenis kayu manis sebelum dikonsumsi. Sebab, ada jenis kayu manis tertentu yang aman dikonsumsi dalam jumlah besar. Dilansir melalui mindbodygreen, Kamis (9/1), banyak orang sama sekali tidak menyadari bahwa sebenarnya ada dua jenis utama kayu manis.

Pertama, ada kayu manis yang tersedia lebih luas yang dapat Anda temukan di toko kelontong lokal Anda, yang disebut Cassia. Batang kayu manis Cassia keras, terbuat dari satu lapisan kulit kayu, dan rasanya kuat dan pedas.

Baca Juga

Bumbu itulah yang paling sering kita temui dalam kue yang harum. Jika variasi kayu manis tidak ditentukan pada label, Anda dapat dengan aman menganggap itu kayu manis Cassia.

Jenis kayu manis kedua adalah Ceylon, karena jenis ini berasal dari negara pulau tetangga India yang dikenal sebagai Ceylon, atau Sri Lanka. Sekarang tumbuh di bagian lain dunia dan kadang-kadang disebut sebagai Cinnamon Verum. Dibandingkan dengan kayu manis Cassia, kulit kayu manis Ceylon berlapis-lapis dan mudah patah, dengan rasa yang lebih lembut, ringan, dan beraroma.

photo
Kopi kayu manis.
 

Mengapa jenis kayu manis menjadi penting?

Ternyata kayu manis Cassia mengandung jumlah yang dapat diukur dari senyawa alami yang disebut kumarin, yang bertindak sebagai pengencer darah dan mencegah pembekuan darah. Tetapi pada dosis yang cukup tinggi, kumarin dapat menyebabkan toksisitas atau kerusakan hati.

Di sisi lain, kayu manis Ceylon hanya memiliki sedikit kumarin. Jadi jika ingin sering menaburkan kayu manis ke roti Prancis atau kopi Anda, pilihlah kayu manis Ceylon.

Jadi, nikmatilah kayu manis karena rasanya yang enak dan manfaat kesehatan yang potensial, tetapi pilihlah kayu manis Ceylon untuk melindungi hati dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Kendati demikian, jangan takut menggunakan kayu manis biasa pada kesempatan tertentu. Cassia cinnamon yang lebih kuat dan lebih pedas terkadang sempurna untuk profil rasa resep tertentu. Seperti biasa, keseimbangan adalah kunci, dan membaca label kemasan kayu manis selalu merupakan ide yang baik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA