Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Suhu di Kota Padang Memanas, Ini Kata BMKG

Rabu 08 Jan 2020 06:38 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Christiyaningsih

 Beberapa hari terakhir, kondisi suhu di Kota Padang terasa sangat panas menyengat. Ilustrasi.

Beberapa hari terakhir, kondisi suhu di Kota Padang terasa sangat panas menyengat. Ilustrasi.

Foto: Muhammad Iqbal/Antara
Beberapa hari terakhir, kondisi suhu di Kota Padang terasa sangat panas menyengat

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Beberapa hari terakhir, kondisi suhu di Kota Padang terasa sangat panas menyengat. Banyak warga yang mengeluhkan rasa gerah di siang hari. Kepala Seksi Obervasi dan Informasi Stasiun BMKG BIM, Padang Pariaman Yudha Nugraha mengatakan kondisi suhu udara maksimum di Kota padang berdasarkan pengamatan BMKG sebesar 32 sampai 33 derajat celcius pada siang hari.

"Cuaca panas diiringi kelembapan udara yang tinggi juga yaitu 75-85 persen. Dengan kondisi suhu yang tinggi dan lembap tentunya kondisi cuaca terik menjadi tidak nyaman apabila beraktivitas di luar," kata Yudha, Selasa (7/1).

Meski begitu, cuaca panas ini kerap ditimpali hujan di dalam hari. Karena itulah pada malam hari terkadang suhu berubah cepat di Kota Padang.

Yudha menyebut kondisi cuaca cerah dalam beberapa hari terakhir di Kota Padang dan sekitarnya akhir-akhir ini dipengaruhi fenomena atmosfer yang berkaitan dengan daerah lain. Sekarang ini, menurut Yudha, BMKG melihat terdapat pembentukan tekanan rendah di wilayah Pulau Jawa yang mengakibatkan pertumbuhan awan hujan yang intensif.

Karena tekanan rendah di Pulau Jawa, menyebabkan arah angin dan massa udara basah tertarik menuju selatan Pulau Sumatera hingga pulau Jawa. "Hal itulah menurutnya menyebabkan kondisi cuaca cerah berawan di sumbar karena adanya pengaruh fenomena tersebut," ucap Yudha.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA