Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Thursday, 12 Syawwal 1441 / 04 June 2020

Pegiat Esports dan Kemenparekraf Tukar Gagasan

Rabu 08 Jan 2020 01:14 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

Piala Presiden Esports 2020.

Piala Presiden Esports 2020.

Foto: DOK MPL
Prospek kejuaraan Esports dalam menarik wisatawan sangatlah menjanjikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Panitia Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020

Indonesia Esports Premiere League (IESPL) Giring Ganesha optimistis ekosistem Esports Indonesia akan semakin tumbuh dengan baik. Giring mengatakan, antusiasme terhadap olahraga virtual yang mengandalkan game digital sebagai medan laga ini kian menyedot perhatian pihak-pihak berpengaruh.

 

Hal ini ia sampaikan selepas melaksanakan audiensi bersama jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (7/1). Menurut Giring, Menparekraf Wishnutama yang merupakan kepanjangan tangan dari Presiden Joko Widodo punya visi sama mengenai masa depan Esports di Indonesia. 

 

Saat ini, kata dia, sepak terjang pegiat Esports semakin diakui dengan animo pemain yang juga kian terlihat. Contohnya, kata dia, dapat dilihat dari gelaran Piala Presiden 2020 IESPL ini. Giring mengatakan, tahun 2019 penyelenggara bisa menjaring 15 ribu pemain. 

 

Tahun ini, ada 157.600 pemain mengikuti kualifikasi kelas regional yang melibatkan peserta dari Indonesia, Kamboja, Thailand, Filipina, Malaysia, Singapura. Peningkatan jumlah peserta yang drastis ini, ujar dia, menunjukkan Indonesia punya ekosistem yang sangat mendukung berkembanganya Esports.

 

"Hal-hal inilah yang kami bawa ke Mas Menteri (Wishnutama). Kami sama-sama orang dengan bidang kreatif. Kami samakan gagasan dan sepakat event-event Esports sangat bersinggungan dengan pariwisata dan ekonomi kreatif Tanah Air, sehingga harus didukung," ujar Giring.

 

Dalam kesempatan sama, Wisnhutama tak menampik Presiden telah menaruh perhatian besar kepada perkembangan Esports Indonesia. Dia mengatakan, kejuaraan Esports skala internasional seperti Piala Presiden 2020 IESPL berpotensi menghadirkan destinasi wisata baru untuk dunia internasional.

 

"Pak Presiden tahu betul bahwa Esports ini sebuah masa depan. Kami diminta membangun Esports Indonesia agar bisa menarik wisatawan. Untuk itu kami tukar pikiran dengan Giring dan kawan-kawan, mari, apa yang dapat kami bantu," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA