Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

BMKG Prediksi Beberapa Daerah Masih akan Diguyur Hujan Lebat

Rabu 08 Jan 2020 00:19 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andri Saubani

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Hujan dengan intensitas tinggi diprediksi turun di Banten bagian barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebagian wilayah Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat (Jabar) luluh lantak akibat diterjang banjir 1 Januari 2020 lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Jabar dan Banten masih akan mengalami hujan dengan intensitas tinggi. Bahkan, curah hujan sedang hingga lebat meluas di beberapa daerah.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati memprediksi, cuaca musim penghujan sedang hingga lebat masih akan terjadi di wilayah diantaranya Sumatra bagian selatan, Jawa, Bali, seluruh Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Baca Juga

"Artinya (hujan) hampir merata di seluruh wilayah Indonesia," ujarnya saat ditemui usai rapat tingkat menteri penangan bencana banjir Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, di kantor Kemenko PMK, di Jakarta, Selasa (7/1).

Bahkan, ia menyebutkan hujan dengan intensitas tinggi dengan intensitas 50-100 milimeter (mm) dengan probabilitas 90 persen pada 8 Januari 2020 besok diprediksi dapat terjadi di Banten bagian barat, dan Gorontalo. Kemudian pada tanggal 9-10 Januari 2020 terjadi hujan dengan intensitas tinggi dengan probabilitas lebih dari 90 persen diprediksi terjadi di wilayah Jabar terutama bagian tengah dan barat termasuk pantai di Sumatra Barat terus ke selatan hingga Lampung.

"Jadi (potensi hujan) meluas dan mohon diwaspadai," katanya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA