Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Sabtu, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 Februari 2020

Puncak Musim Hujan, Jokowi Ingatkan Masyarakat Waspada

Selasa 07 Jan 2020 20:31 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah siswa melintas di area sekolah yang masih tergenang banjir di SDN Buni Bakti 04, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020).

Sejumlah siswa melintas di area sekolah yang masih tergenang banjir di SDN Buni Bakti 04, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (7/1/2020).

Foto: Antara/Risky Andrianto
Peringatan dini ini penting dilakukan untuk mengantisipasi puncak musim hujan

REPUBLIKA.CO.ID, LEBAK -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepala daerah agar memberikan peringatan dini kepada warganya yang tinggal di wilayah rawan bencana. Peringatan dini ini penting dilakukan untuk mengantisipasi puncak musim hujan di Februari nanti.

"Ya kan sudah kita sampaikan sebulan yang lalu agar seluruh gubernur, bupati, walikota memberikan peringatan-peringatan secara dini untuk tempat-tempat yang kemungkinan rawan terjadinya longsor," kata Jokowi saat meninjau lokasi bencana banjir di Lebak, Banten, Selasa (7/1).

Jokowi menegaskan, pemerintah telah mengidentifikasi titik lokasi di sejumlah daerah yang rawan terjadi bencana. Ia pun mengingatkan masyarakat agar terus waspada dan hati-hati saat hujan deras turun.

"Saya kira yang paling penting kewaspadaan kita semua," tambah Jokowi.

Hari ini, Presiden Jokowi meninjau lokasi bencana banjir dan longsor di Sukajaya, Kabupaten Bogor dan juga Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten. Di sana Presiden juga memberikan bantuan kepada para pengungsi.

Dampak dari bencana ini menyebabkan ribuan rumah hanyut dan rusak, puluhan jembatan dan akses jalan terputus, hingga terisolasinya sejumlah desa.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA