Saturday, 28 Safar 1444 / 24 September 2022

Pemprov Jabar Terima SK Penetapan BIJB Sebagai Bandara Haji

Selasa 07 Jan 2020 17:23 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Gita Amanda

Pemprov Jabar menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara embarkasi/demarkasi haji 2020. Foto para calon penumpang menunggu di ruang Check In Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, (ilustrasi).

Pemprov Jabar menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara embarkasi/demarkasi haji 2020. Foto para calon penumpang menunggu di ruang Check In Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, (ilustrasi).

Foto: Republika/Lilis Sri Handayani
BIJB Kertajati sudah memenuhi semua syarat untuk jadi embarkasi/debarkasi haji

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum menerima Surat Keputusan (SK) Penetapan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) sebagai bandara embarkasi/demarkasi haji 2020 dari Menteri Agama RI Fachrul Razi.

"Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah, perjuangan yang sangat panjang," ujar Uu, Selasa (7/1).

Baca Juga

Uu mengatakan, hal ini luar biasa karena jamaah haji Jawa Barat jumlahnya besar. Termasuk untuk umrah. "Harapan kami, juga sudah mengarahkan ke para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota untuk mengajak masyarakat umrah lewat BIJB Kertajati," katanya.

Menurutnya, SK tersebut menggambarkan BIJB Kertajati sudah memenuhi semua syarat untuk jadi embarkasi/debarkasi Haji.

Terkait asrama haji, menurut Uu, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jabar dan Kementerian Agama RI bersepakat membangun asrama haji di Kab Indramayu. Sedangkan, pada 2020, asmara haji Bekasi masih akan digunakan. "Asrama haji sudah diputuskan di Indramayu, untuk pemerataan (pembangunan) Jawa Barat. Tahun ini sedang dibangun. Mudah-mudahan tahun depan, 2021 baru bisa," katanya.

Sementara menurut Menteri Agama Fachrul Razi, BIJB Kertajati sudah siap dan layak digunakan sebagai embarkasi/debarkasi haji 2020. Fachrul juga mengingatkan kepada pengelola BIJB Kertajati bahwa GACA (General Authority of Civil Aviation) Arab Saudi akan melakukan survei.

"Alhamdulillah hari ini kita putuskan bersama kalau BIJB akan kita gunakan sebagai lapangan embarkasi/debarkasi Haji 2020," katanya.

Fachrul berharap, BIJB Kertajati semakin terkenal setelah menjadi embarkasi/ debarkasi haji 2020.

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Nizar mengatakan, kuota jemaah haji Jabar pada 2020, yakni 38.852 jemaah. Jumlah ini tergabung 97 kelompok terbang (kloter) ini menggunakan jenis pesawat Boeing 777 yang bisa menampung sekitar 393 penumpang sekali terbang.

"Inilah saat yang ditunggu-tunggu Muslim Jabar, penetapan BIJB Kertajati sebagai embarkasi/debarkasi haji," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA