Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

Saturday, 14 Rabiul Awwal 1442 / 31 October 2020

RI akan Kerja Sama Pendidikan dengan SUJ dan SGI Jepang

Selasa 07 Jan 2020 07:04 WIB

Red: Irwan Kelana

Megawati bersama para pengurus DPP PDI-Perjuangan melakukan pertemuan dengan  Yayasan Soka Gakkai International (SGI) dan Soka University of Japan (SUJ).

Megawati bersama para pengurus DPP PDI-Perjuangan melakukan pertemuan dengan Yayasan Soka Gakkai International (SGI) dan Soka University of Japan (SUJ).

Foto: Dok DPP PDI-P
Kerja sama itu juga nencakup bidang litbang dan pengelolaan lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO –  Dua lembaga dari Jepang, yakni Yayasan Soka Gakkai International (SGI) dan Soka University of Japan (SUJ) akan menjalin  kerja sama dengan Indonesia dalam bidang pendidikan.

Hal itu dibahas dalam   pertemuan makan siang   Ketua Umum PDI-Perjuangan yang juga presiden ke-5 RI,   Dr  HC  Megawati Soekarnoputri, dengan pihak  SGI dan SUJ  di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang, Senin (6/1). Dalam pertemuan tersebut  didiskusikan tentang rencana kerja sama antara SUJ dan SGI dengan Indonesia melalui PDI-Perjuangan. 

“Kerja sama itu mencakup  empat bidang. Yaitu, bidang  pengembangan sumber daya manusia (SDM)  dan pendidikan;  R&D (penelitian dan pengembangan atau litbang) serta pengembangan inovasi;  pengelolaan lingkungan hidup;  dan  pemberdayaan perempuan,” kata  Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kelautan dan Perikanan, Prof Rokhmin Dahuri  melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (7/1).

Rokhmin, yang juga pakar kelautan dan perikanan  dari IPB University  mendampingi Megawati dalam pertemuan tersebut. Sejumlah tokoh lain juga ikut mendampingi Megawati.

Mereka adalah Dr  Ahmad Basarah (wakil Ketua MPR RI dan ketua DPP PDI-Perjuangan Bidang Hubungan LN),  Herman Heri (ketua Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP), Prof  Purnomo Yusgiantoro (mantan Menteri ESDM Kabinet Gotong Royong) dan Prof  Bambang Wibawarta (UI, doktor Alumni Waseda University, Jepang).

photo
Megawati akan menerima gelar doktor kehormatan (HC) dari Soka University of Japan (SUJ).
Sementara itu, pihak SGI dipimpin oleh Dr  Hiromasa Ikeda (wakil Presiden SGI), dua  wakil Rektor Soka University of Japan (SUJ), direktur Kerja sama Internasional SUJ, direktur Public Relations SUJ, dan tiga  Pengurus SGI untuk Indonesia (Ny Pulim, Ny  Elly, dan Dr  Taguchi).

Dalam pertemuan tersebut, pihak SGI dan SUJ menjelaskan kepada  Megawati tentang sejarah SGI dan SUJ, serta tentang persiapan acara penganugerahan Dr  HC dari SUJ kepada Megawati Soekarnoputri.

“Penganugerahan gelar doktor kehormatan itu akan digelar  di Kampus SUJ, Tokyo,  Rabu (8/1) pukul 08.30 - 12.30,” kata Rokhmin yang juga menteri Kelautan dan Perikanan di era Kabinet Gotong Royong.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA