Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Cegah Longsor, Dinas PUPR Depok Pasang Bronjong di Situ Asih

Senin 06 Jan 2020 23:59 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Andi Nur Aminah

Bronjong (anyaman kawat berisi batu) sebagai penahan banjir. (Ilustrasi)

Bronjong (anyaman kawat berisi batu) sebagai penahan banjir. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Anis Efizudin
tanggul yang dibangun menggunakan bronjong yaitu kawat besi yang diisi batu kali.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) membangun tanggul sementara untuk memperkuat Situ Asih Pulo di Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoranmas, Kota Depok. Pembangungan tersebut, menggunakan bronjong sebagai penahan dinding situ yang longsor pada Rabu (1/1).

"Longsor berada pada tepi luar dinding tanggul di RW 08, yang disebabkan debit air dan curah hujan yang tinggi. Untuk mengantisipasi hal yang lebih buruk, kami melakukan perbaikan," ujar Kepala Dinas PUPR Kota Depok, Dadan Rustandi di kantor Dinas PUPR Kota Depok, Senin (6/1).

Baca Juga

Menurut Dadan, tanggul yang dibangun menggunakan bronjong yaitu kawat besi yang diisi batu kali. Bronjong dipilih karena cukup kuat dan pengerjaannya lebih cepat dibanding turap yang dicor.

"Bronjong dibangun sepanjang 2,5 meter dengan ketinggian empat meter. Pembangunan tanggul menggunakan biaya dari anggaran Biaya Tanggap Bencana (BTT)," terangnya.

Lurah Rangkapan Jaya, Kharisma Eka Putra menambahkan, pembangunan tanggul sudah di mulai sejak Senin (6/1) dan diperkirakan selesai pada akhir minggu ini. "Selain memasang bronjong, kami juga sudah menutup jalan di sekitar situ agar kendaraan tidak bisa melewati area tersebut, sehingga pekerjaan tak terganggu," ujarnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA