Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Polresta Banyumas Masih Kekurangan Personel

Selasa 07 Jan 2020 03:17 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Esthi Maharani

polisi

polisi

Foto: istimewa
Perubahan struktur organisasi ini akan diikuti dengan perlunya penambahan personil

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Perubahan status dari Polres menjadi Polresta di Kabupaten Banyumas, diikuti dengan perubahan status kepangkatan pada jajaran kepala satuan (Kasat) dan kepolisian sektor (Polsek). Menyusul perubahan ini, dilakukan proses mutasi besar-besaran di jajaran Polresta.

Proses mutasi ini, ditandai dengan serah terima jabatan sejumlah kepala satuan di lingkungan Polresta Banyumas, Senin (6/1). ''Untuk tahap ini, ada 13 personel yang dimutasi,'' jelas Kaporesta Banyumas AKBP Whisnu Caraka.

Tahapan berikutnya, menurut Kapolres, akan dilakukan dengan pengukuhan masing masing kasat, kabag dan kapolsek, menyusul adanya perubahan struktur organisasi dari Polres ke Polresta.

Menurutnya, perubahan struktur organisasi ini akan diikuti dengan perlunya penambahan personil di lingkungan Polresta. ''Kami telah mengajukan kekurangan kepada pimpinan agar jumlah personil Polresta Banyumas bisa mencapai jumlah ideal,'' katanya.

Dia menjelaskan, jumlah personel setelah beralih status menjadi Polresta Banyumas, mestinya sebanyak 2.220 orang. Sementara saat ini baru ada sekitar 1.000 orang. Dengan demikian, masih dibutuhkan banyak personil untuk mencapai angka ideal.

Sementara dalam acara serah terima jabatan yang berlangsung di halaman Polresta, dilakukan untuk jabatan Wakapolresta, Pejabat Utama (PJU), dan Kapolsek.

Beberapa jabatan yang diserahterimakan, antara lain Kompol Davis Busin Siswara SIK yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolresta Banyumas, dimutasi menjadi Kasat Lantas Polresta Banyumas. Sedangkan Kasat Lantas sebelumnya, AKP Dodiawan, dimutasi ke Kasat Lantas Polres Blora.

Jabatan lain yang diserahterimakan, antara lain jabatan Kasat Intelkam, Kasat Reskrim, Kasat Binmas dan Kasat Narkoba. Sedangkan jabatan Wakaolresta dijabat oleh AKBP Kristanto Yoga Darmawan yang sebelumnya menjabat Kepala Subbagian Pengkajian Lingkungan Strategis Biro Pengkajian dan Strategi (Rojianstra) Mabes Polri.

Pada acara serah terima jabatan baru, Kapolresta mengharapkan para pejabat baru dapat segera menyesuaikan diri agar tidak ketinggalan. Sedangkan pada para pejabat lama, Kapolresta menyampaikan terima kasih karena rata-rata baru menjabat lebih dari tiga bulan sehingga punya peran dalam kenaikan tipe Polres Banyumas menjadi Polresta Banyumas.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA