Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Aksi Sosial Publik Figur untuk Kebakaran Hutan Australia

Senin 06 Jan 2020 05:29 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah

Nicole Kidman menjadi salah satu publik figur yang menyumbangkan 500 ribu dolar AS untuk kebakaran hutan Australia (Aktris Nicole Kidman)

Nicole Kidman menjadi salah satu publik figur yang menyumbangkan 500 ribu dolar AS untuk kebakaran hutan Australia (Aktris Nicole Kidman)

Foto: graziadaily
Dukungan diberikan melalui platform media sosial para publik figur tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duke dan Duchess of Sussex bergabung dengan jajaran nama-nama terkenal menyuarakan dukungan untuk upaya pemadam kebakaran di seluruh Australia. Mereka mengutarakan doa dan pemikiran tentang kebakaran yang terjadi di Australia.

Dalam sebuah unggahan di Instagram pada Ahad (5/1), pasangan itu mengatakan terhubung secara pribadi dengan komunitas New South Wales (NSW) yang dikunjungi pada tahun lalu, serta daerah lain yang mengalami bencana lingkungan.

“Krisis lingkungan global sekarang telah digambarkan sebagai Ecocide. Sangat mudah menjadikan orang merasa tak berdaya, tetai selalu ada cara untuk membantu mereka,” tulis akun @sussexroyal dilansir melalui Abc.net.au, Senin (6/1).

Unggahan tersebut juga ditautkan ke Palang Merah NSW Rural Fire Service, dan Victoria Country Fire Authority.

Baca Juga

Sementara itu, Nicole Kidman mengungkapkan telah mendonasikan 500 ribu dolar AS untuk layanan pemadam kebakaran dan pedesaan di Australia. Kidman yang membagikan informasi tersebut di akun Instagram pribadinya juga menautkan ke berbagai organisasi kebakaran hutan untuk sumbangan.

“Dukungan, pikiran, dan doa keluarga kami dengan semua orang yang terkena dampak kebakaran di seluruh Australia,” tulis Kidman.

Bintang pop Amerika, Pink yang secara teratur berkeliling Australia juga menyumbang 500 ribu dolar AS. Dia mengatakan kepada 32 juta pengikut Twitternya, dirinya benar-benar terluka menyaksikan apa yang terjadi di Australia sekarang.

Dia mengatakan sumbangan itu ditujukan untuk layanan pemadam kebakaran lokal di garis depan. Selain itu, dia juga mendorong warga net lainnya turut membantu sesuai kemampuan masing-masing.

Komedian Celeste Barber mengimbau ribuan pengikutnya di media sosial untuk menyumbang ke NSW Rural Fire Service pada Jumat lalu. Sumbangan itu kini telah melewati target sebesar 20 juta dolar AS. Barber telah memposting gambar rumah ibu mertuanya yang kini berselimut udara merah di Eden, NSW South Coast.

Pemain tenis Australia, Nick Kyrgios emosional ketika ditanya tentang kebakaran, setelah kemenangannya di Piala ATP tadi malam. Pria asal Sydney, Nathan Roberts mengatakan telah mengerahkan seluruh excavator-nya ke berbagai negara bagian pada liburan Natal untuk membantu yang terkena dampak kebakaran.

“Saya menawarkan untuk mengambil dan membantu mereka yang membutuhkan untuk membersihkan properti atau komunitas mereka, setelah kebakaran ini selesai,” tulisnya di Facebook.

Di Inggris, tweet Robert John Jackson memberikan kekuatan pada masyarakat terdampak kebakaran. Di Canberra, sebuah grup Facebook yang sarat dengan tawaran akomodasi darurat, barang-barang, dan bantuan untuk membuat hidup sedikit lebih mudah bagi masyarakat terdampak.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA