Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Cegah Banjir, Kepala BNPB Ajak Waga Bersihkan Selokan

Ahad 05 Jan 2020 13:12 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Friska Yolanda

Ilustrasi Banjir.

Ilustrasi Banjir.

Foto: republika
Ancaman curah hujan tinggi yang menyebabkan banjir akan terjadi pada akhir Januari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak dan meminta semua warga, khususnya DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten serta wilayah-wilayah lainnya di Indonesia melakukan pembersihan got, gorong gorong, selokan mulai Ahad (5/1) hingga akhir Januari 2020. Semua unsur kelurahan/desa hingga RT/RW diharapkan menjadi ujung tombak menggerakkan warga.

Baca Juga

"Gotong royong serentak ini kiranya dimulai pukul 7 pagi hingga sore hari," ujarnya seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Ahad.

Kemudian, dia melanjutkan, di hari hari berikutnya kerja dan upaya gotong royong ini dilanjutkan. Sebab, dia menjelaskan ancaman curah hujan yang tinggi hingga akhir Januari 2019 sebagaimana prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Doni juga meminta kepada semua gubernur dan kepala daerah agar memaksimalkan manajemen kebencaanan, penguatan posko serta pelibatan semua pihak baik dalam kesiapsiagaan maupun tanggap darurat. Ia meminta gubernur, bupati, wali kota menjadi komandan satuan tugas dalam rangka pelayanan kebencanaan kepada semua warga.

"Keselamatan nyawa masyarakat adalah hukum tertinggi," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA