Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Selasa, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 Februari 2020

Tingkatkan Efisiensi, Pertamina Bor Minyak Tanpa Rig

Ahad 05 Jan 2020 12:18 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolanda

Ilustrasi Kilang Minyak

Ilustrasi Kilang Minyak

Foto: Republika/Wihdan
Teknik pengeboran tanpa rig sudah dilakukan di Blok Mahakam dan Sanga Sanga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pertamina (Persero) melakukan efisiensi dan meningkatkan keekonomian proyek dengan melakukan pengeboran minyak tanpa rig. Teknik ini dilakukan perusahaan di beberapa blok yang sudah berproduksi.

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan Samsu menjelaskan teknik pengeboran ini memang bukan hal yang baru dalam hulu migas. Ia menjelaskan pengeboran tak membutuhkan rig besar, hanya perlu teknologi pengeboran yang lebih sederhana dengan alat khusus.

"Itu sebenarnya intervensi sumur, dia gak butuh rig besar, hanya butuh alat untuk ke dalam itu pakai teknologi yg lebih simple. Buat complexion, buat merawat sumur, scalling, untuk mengeluarkan kandungan air dalam sumur itu," ujar Dharmawan, Ahad (5/1).

Ia menjelaskan apabila pengeboran memakai alat yang besar, maka memerlukan rig. Ia menyebut istilah tersebut dinamakan work over rig. Teknik ini bisa dipakai untuk mengebor dari satu sumur ke sumur lain. Namun, teknik drilling rig adalah teknik pengeboran baru dan pengembangan.

Dharmawan juga menjelaskan teknik ini dipakai Pertamina pada beberapa blok yang sudah berproduksi, tapi hendak dioptimalisasi produksinya. Ia mencontohkan kegiatan ini dilakukan di Blok Mahakam dan Blok Sanga Sanga.

"Dengan teknik ini, sumur juga bisa beroperasi lebih baik lagi," ujar Dharmawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA