Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

UAS Puji Konversi Bank Nagari jadi Bank Syariah

Kamis 02 Jan 2020 19:57 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Nidia Zuraya

Kantor pusat Bank Nagari di Kota Padang, Senin (2/11).

Kantor pusat Bank Nagari di Kota Padang, Senin (2/11).

Foto: Republika/Febrian Fachri
Bank Nagari resmi dikonversi dari bank konvensional menjadi bank syariah

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ulama kondang Ustaz Abdul Somad (UAS) memuji pemerintah daerah di Sumatera Barat dan para pemilik saham Bank Nagari yang telah berhasil mengesahkan konversi Bank Nagari menjadi bank syariah. Menurut UAS, konversi Bank Nagari menjadi bank syariah merupakan langkah maju untuk menjauhkan umat Islam dari jeratan riba.

"Sepakat semua niniak mamak, bupati wali kota, guberbur,  mengubah Bank Nagari dari bank konvensional jadi bank syariah," kata UAS saat mengisi tausiah di hadapan ribuan jamaah di Pantai Puruih, Padang, Kamis (2/1).

UAS juga memuji anggota dewan di Sumbar baik di tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota yang juga turut menyetujui dan mendukung konversi Bank Nagari menjadi bank syariah.

UAS berharap langkah seperti yang dilakukan Bank Nagari ini dapat ditiru oleh lembaga pengelola keuangan lainnya di Sumbar dan daerah lainnya di Indonesia. Menurut ulama asal Pekanbaru, Riau tersebut, pemerintah dari pusat sampai daerah harus memberikan kontribusi agar menyadarkan masyarakat akan bahaya riba.

Pemerintah melalui kekuasaan yang ia pegang menurut UAS punya kekuatan untuk mengurangi sampai meninggalkan riba lewat peraturan dan kebijakan.

PT BPD Sumatera Barat (Bank Nagari) resmi melakukan konversi dari bank konvesional menjadi bank syariah. Hal tersebut disetujui berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada akhir November 2019 lalu.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA