Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Friday, 14 Rajab 1442 / 26 February 2021

Menkominfo Minta Operator Seluler Pulihkan BTS Down

Kamis 02 Jan 2020 16:24 WIB

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Gita Amanda

Warga membersihkan perabotan rumah dari endapan lumpur pascabanjir di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Warga membersihkan perabotan rumah dari endapan lumpur pascabanjir di Kawasan Cipinang Melayu, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Kementerian Kominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta seluruh operator seluler segera berupaya memulihkan Base Transceiver Station (BTS) yang down akibat banjir. Johnny menegaskan, Kementerian Kominfo akan terus melakukan monitoring terhadap jaringan telekomunikasi yang terdampak banjir.

"Kami meminta operator seluler mengerahkan segala upaya untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal, meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman," ujar Johnny dalam keterangan pers yang diterima wartawan, Kamis (2/1).

Johnny menyampaikan demikian karena pada Kamis (2/1) layanan komunikasi kembali terganggu karena backup power yang digunakan sejak Rabu (1/1) tidak bertahan lama.

Johnny mengungkap, berdasarkan pantauan Kementerian Kominfo, bencana banjir di Jabodetabek sejak Rabu (1/1), menyebabkan BTS seluler mengalami gangguan dikarenakan pemutusan aliran listrik oleh PLN demi alasan keamanan dan keselamatan.

Meski begitu, kata Johnny, keseluruhan masyarakat maupun pelanggan masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi karena adanya backup power atau genset portable.

Namun, tidak halnya hari ini, layanan komunikasi kembali terganggu karena tidak kuatnya backup power tersebut. "Karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTSnya down karena masih ada banjir," ujarnya.

Dalam keterangan pers yang juga dilaporkan kondisi infrastruktur dan layanan telekomunikasi operator yang terdampak antara lain:

1. PT Telkomsel: Network Telkomsel masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek, namun ada beberapa site down yang  tersebar di wilayah jabodetabek akibat tidak tersedianya supply power yang dikarenakan pemadaman dari PLN.

Saat ini ini tim network Telkomsel masih berupaya dan fokus untuk recovery site-site yang down dengan mendistribusikan Mobile Backup Power (MBP)  agar bisa segera service kembali.

2.PT XL Axiata Tbk: Secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya supply listrik di area-area banjir di Jakarta.

3. PT Indosat TBK: Status Jaringan Indosat masih dapat memberikan layanan kepelanggan. Beberapa site mati dikarenakan tidak adanya aliran listrik dari PLN.

4. PT Hutchison 3 Indonesia: Jaringan H3I secara keseluruhan masih aman dan masih dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Terdapat beberapa site yang mati akibat pemadaman listrik PLN

5. PT. Smartfren Telecom: Beberapa site terkendala masalah pada Rabu pagi namun karena semua site sudah dilengkapi baterai sebagai power supply cadangan sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan. Saat ini, pada hari Rabu malam, kondisi site Smartfren yang down tersebut sudah on services kembali.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA