Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Menjelang Tahun Baru, Australia Berjuang Atasi Kebakaran Semak

Selasa 31 Dec 2019 15:45 WIB

Red:

Di saat banyak orang di seluruh dunia bersiap merayakan Tahun Baru 2020, tiga negara bagian di Australia, yakni Victoria, New South Wales, dan Tasmania terus mengalami kebakaran dan petugas sedang berjuang memadamkannya.

Kebakaran tidak bisa ditangani dengan cepat di sejumlah wilayah karena suhu panas yang menerjang dalam beberapa hari terkahir. Ada kekhawatiran jika kebakaran akan menimbulkan banyak korban dan melahap harta benda mereka.

Di negara bagian Victoria, belasan properti terbakar dengan ribuan warga terperangkap di kota tepi pantai Mallacoota, sekitar 6 jam menyetir dari Melbourne. Api semakin mendekat ke kota tepi pantai tersebut yang dipenuhi turis selama masa liburan akhir tahun.

Sekitra 4 ribu orang di Mallacoota di kawasan East Gippsland ini sekarang mencari perlindungan sementara di tepi pantai dan bersiap terjun ke laut untuk menghindari api yang terus bergerak ke arah kota kecil tersebut.

Di Melbourne sendiri, kawasan pemukiman Mill Park, Bandoora, dan Plenty yang hanya berjarak sekitar 20 km dari pusat kota, beberapa rumah mengalami kerusakan karena kebakaran hutan.

Masih ada 8 kebakaran yang dianggap darurat, tujuh diantaranya di kawasaan East Gippsland dan satu di sebelaah timur kota Albury, dekat perbatasan antara negara bagian Victoria dengan New South Wales.

Kebakaran hutan di Australia sudah memakan korban satu relawan pemadam kebakaran, yakni Samuel McPaul yang berusia 28 tahun.

Dinas Kebakaran di New South Wales mengatakan truk pemadam kebakaran yang membawa Samuel mengalami kecelakaan di kawasan Green Valey, ketika hendak menuju ke lokasi.

Pesta Kembang Api tetap digelar

Walau sempat dilanda ketidakpastian, pesta kembang api tetap akan dilangsungkan di semua kota-kota besar di Australia, termasuk Sydney, Melbourne dan Brisbane.

Di Sydney, pesta kembang api terbesar di dunia belahan selatan akan terpusat di kawasan Harbour Bridge, dengan perkiraan sejuta orang akan memadatinya.

Tahun ini, sebanyak 8,5 ton kembang akan ditembakkan ke langit dengan diiringi lagu-lagu pop, termasuk lagu (You Make Me Feel Like) A Natural Woman milik Aretha Franklin, yang meninggal bulan Agustus lalu.

Di Melbourne, kembang api akan diluncurkan dari beberapa lokasi dengan perkiraan 400 ribu warga akan memadati kota tersebut.

Sementara di kota ketiga terbesar di Australia, yakni Brisbane, sekitar 85 ribu orang diperkirakan akan hadir menyaksikan pesta kembang api yang diluncurkan dari lima kapal tongkang yang berada di Brisbane River.

Simak berita-berita lainnya dari ABC Indonesia dan Anda bisa menyaksikan pesta kembang api terbesar di Australia lewat Facebook ABC Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA