Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Polres Sukabumi Kota Gelar Apel Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Rabu 01 Jan 2020 20:52 WIB

Red: Agung Sasongko

Hujan deras/ilustrasi

Hujan deras/ilustrasi

Foto: Flickr
Langkah ini dilakukan menyusul tingginya intensitas hujan yang berpotensi banjir

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Polres Sukabumi Kota menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana alam bersama unsur terkait lainnya, Rabu (1/1) sore. Langkah ini dilakukan menyusul tingginya intensitas hujan yang berpotensi menyebabkan banjir dan longsor.

'' Pada Rabu sore ini polres menggelar apel kesiapsiagaan menghadapi bencana bersama dengan instansi lain,'' ujar Kapolres Sukabumi Kota AKBP Wisnu Prabowo kepada wartawan. Di antaranya Kodim, Badan Penanggulangan Bencana Daeraj (BPBD), pemadam kebakaran (Damkar), camat dan PMI.

Apel ini ungkap Wisnu, untuk mengecek kesiapsiagaan alat dan personel. Sehingga ketika ada banjir dan longaor bisa langsung terjun membantu penanganan bencana. Di mana petugas disiapkan di mapolres yang berunsur dari sabhara dan elemen lainnya siaga 1× 24 jam. Elemen lainnya juga menyiapkan hal serupa.

Wisnu menuturkan, potensi terjadinya bencana cukup besar karena intensitas hujan tinggi. Apalagi sebagian wilayah Sukabumi tekstur tanahnya berbukit. Apel ini juga menyikapi kondisi bencana banjir di Jakarta.

Lebih lanjut Wisnu mengatakan, prinsip penanggulangan bencana secara cepat dan tepat. Tujuannya untuk menyelamatkan korban dann harta benda. Namun prioritas utama menyelamatkan manusia.

Kepala Unsur Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan mengatakan, BPBD siap bekerjasama dengan elemen terkait lainnya dalam penanganan bencana. Hal ini dalam menangani bencana yang marak di musim penghujan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA