Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

5 Resolusi Tahun Baru untuk Mental Lebih Sehat

Rabu 01 Jan 2020 01:48 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nur Aini

Hidup sehat. Ilustrasi

Hidup sehat. Ilustrasi

Foto: Netdoctor
Membatasi penggunaan media sosial menjadi salah satu yang bisa membuat mental sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian orang mungkin sudah bersiap menyambut tahun baru dengan beragam resolusi yang ingin dicapai sepanjang tahun tersebut. Dari beragam resolusi yang telah dibuat, tak ada salahnya bila menyelipkan beberapa resolusi yang dapat menunjang kesehatan mental.

Baca Juga

Setidaknya ada lima resolusi tahun baru yang dapat memberi manfaat positif bagi kesehatan mental dan layak untuk dicoba. Berikut ini adalah kelima resolusi tahun baru itu seperti dilansir Metro.

Membatasi Penggunaan Media Sosial

Sebuah studi menunjukkan bahwa media sosial dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan mental. Menurut studi, media sosial dapat meningkatkan kecemasan karena media sosial akan menghujani penggunanya dengan aktivitas-aktivitas terbaru yang dilakukan oleh orang lain.

Hal itu dapat membuat pengguna media sosial mengalami ketakutan tertinggal dari yang lain atau Fear of Missing Out (FOMO). Paparan informasi seperti itu bahkan dapat membuat pengguna media sosial merasa buruk terhadap diri sendiri karena tidak melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk coba membatasi penggunaan media sosial di 2020 untuk kesehatan mental yang lebih baik. Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk membatasi penggunaan media sosial.

Tidur Lebih Cepat

Kurang tidur dapat memicu terjadinya kecemasan dan sikap mudah marah. Sebaliknya, tidur malam lebih cepat dapat memberi kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat lebih baik dan terhindar dari risiko gangguan kecemasan atau sikap mudah marah.

Ada beragam cara yang bisa dilakukan agar bisa tidur lebih cepat. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah mematikan ponsel atau tidak menonton apapun satu jam sebelum tidur malam. Gunakan satu jam ini untuk relaksasi di tempat tidur tanpa ada distraksi apa pun.

Lebih Banyak Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan hormon kebahagiaan di dalam otak yang bernama endorfin. Untuk mendapatkan manfaat itu, tidak harus melakukan olahraga di gym sepanjang waktu. Olahraga yang lebih sederhana seperti berenang dua kali per minggu atau jalan kaki di pagi hari juga dapat memberi efek menenangkan yang serupa.

Self Care

Self care atau memberi perhatian terhadap diri sendiri merupakan salah satu resolusi tahun yang patut dicoba. Self care tak hanya soal memanjakan diri seperti mendengarkan musik, bersantai, menyantap cokelat hingga menonton film.

Self care juga bisa dilakukan dengan cara membaca buku, meditasi hingga berolahraga. Self care pun bisa dilakukan sesederhana berani mengatakan tidak untuk hal-hal yang memang tidak diinginkan.

Memberikan perhatian terhadap diri sendiri bukanlah sesuatu yang egois. Hal itu penting dilakukan agar kesehatan mental juga tetap terjaga dengan baik.

Perbaiki Pola Makan

Memperbaiki pola makan dapat menjadi resolusi tahun baru yang tak hanya berdampak positif bagi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Memperbaiki pola makan bukan berarti harus benar-benar menjauhi makanan-makanan lain yang kurang sehat. Hal yang terpenting dalam pola hidup sehat adalah asupan makan yang seimbang dan beragam.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Menyantap makanan yang bernutrisi seperti kaya vitamin, kaya lemak sehat, atau kaya magnesium dapat memberi dampak positif bagi kesehatan mental.

Sebuah studi menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan asam folat seperti alpukat dan bayam dapat menurunkan kadar stres. Hal yang sama juga bisa didapatkan dari makanan yang kaya akan asam omega 3 seperti salmon dan tuna. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA