Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Jokowi Resmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo

Selasa 31 Dec 2019 18:31 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) memberikan pemaparan saat meresmikan Bendung Kamijoro, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Selasa (31/12/2019).

Presiden Joko Widodo (kedua kiri) bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) memberikan pemaparan saat meresmikan Bendung Kamijoro, Kulonprogo, D.I Yogyakarta, Selasa (31/12/2019).

Foto: Antara/Andreas Fitri Atmoko
Kehadiran bendungan Kamijoro sangat penting bagi ketersediaan suplai air

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendung Kamijoro dalam kunjungan kerjanya ke Yogyakarta. Peresmian tersebut berlangsung di Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Selasa (31/12).

Dalam peresmian tersebut, presiden menyampaikan bahwa kehadiran bendungan tersebut sangat penting bagi ketersediaan suplai air dan mendukung aktivitas masyarakat setempat.

"Bendung yang dibangun di aliran Sungai Progo sangat penting untuk mendukung ketahanan pangan karena memberikan kepastian dan memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan untuk mendukung aktivitas pertanian masyarakat," ujarnya.

Bendungan ini diharapkan dapat menyediakan kebutuhan air irigasi bagi lahan pertanian seluas 2.370 hektare yang ada di Kabupaten Bantul sekaligus meningkatkan intensitas tanam dari semula berkisar pada angka 205 persen menjadi 270 persen.

"Bendung Kamijoro ini juga sangat bermanfaat untuk persediaan air baku baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulon Progo, dan juga nantinya bisa juga sampai ke Kota Yogyakarta," kata Presiden.

Bendungan yang seluruh areanya berada di sebagian Kabupaten Kulon Progo dan Bantul tersebut mulai dibangun sejak 2016 kemarin dan kini telah beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Setidaknya sebanyak 11 desa dari 4 kecamatan memperoleh manfaat irigasi dari adanya bendungan tersebut. Selain itu, lokasi bendungan tersebut juga bertransformasi menjadi destinasi wisata bagi masyarakat setempat sekaligus memberikan dampak ekonomi bagi daerah.

"Saya tadi memperhatikan sepintas Bendung Kamijoro ini sangat indah. Ada taman bermain, ada plasa terbuka, saya tahu ini sudah menjadi tempat tujuan wisata," tuturnya.

Presiden berharap agar pemerintah daerah setempat dapat menjaga dan merawat bendungan ini agar dapat terus beroperasi dengan baik. Masyarakat setempat juga diminta untuk memanfaatkan bendungan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Setelah ini saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan Bendung Kamijoro ini dengan sebaik-baiknya. Petani bisa hidup lebih sejahtera, usaha kecil juga bisa tumbuh di kanan-kiri Bendung dan kita harapkan pendapatan masyarakat meningkat karena banyak wisatawan yang datang ke sini," katanya.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA