Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Thursday, 16 Sya'ban 1441 / 09 April 2020

Libur Tahun Baru, Kantor SAR Bandung Siaga di Pangandaran

Selasa 31 Dec 2019 17:25 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Muhammad Hafil

Wisata Pantai Pangandaran

Wisata Pantai Pangandaran

Foto: Republika/Edi Yusuf
Wisatawan yang berkunjung saat libur tahun baru di Pantai Pangandaran ramai.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Kantor SAR Bandung menyiagakan tim siaga khusus di objek wisata Pantai Santolo, Garut dan Pantai Pangandaran dalam menghadapi liburan tahun baru 2020. Penempatan personel pada dua objek wisata dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan serta mempercepat waktu respon apabila terdapat kejadian.

"Antisipasi hal yang tidak diinginkan serta  dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan SAR, Kantor SAR Bandung menerjunkan tim di dua objek wisata yang kerap di kunjungi masyarakat yaitu Pantai Pangandaran dan Pantai Santolo pada perayaan tahun baru," ujar Deden Ridwansah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bandung melalui keterangan yang diterima, Selasa (31/12).

Berdasarkan laporan tim di lapangan, ia menuturkan sejak pukul 07.00 Wib wisatawan yang berlibur di Pantai Pangandaran cukup ramai. Selain itu informasi kejadian peristiwa tidak ada yang terjadi.

“Cuaca di daerah pantai Pangandaran terpantau cerah dengan gelombang cukup tinggi dan angin yang cukup kondusif untuk melakukan kegiatan di sekitar pantai," katanya.

Sedangkan di Pantai Santolo dari pukul 08.00 WIB area sekitar objek wisata  mulai padat oleh pengunjung dan kendaraan pengunjung. Menurutnya, info kejadian kecelakaan nihil laporan.

“Pantai Santolo Garut terpantau kondusif dengan cuaca cerah dan tinggi gelombang serta angin yang cukup kondusif untuk melakukan kegiatan di sekitar pantai," katanya.

Menurutnya, kendaraan wisatawan mulai memadati area sekitar objek wisata. Ia memperkirakan puncak kepadatan dan keramaian terjadi pada malam tahun baru 2020. Untuk memperlancar lalu lintas agar tetap kondusif diberlakukan rekayasa lalu lintas berupa one way untuk mengurai kemacetan.

Ia mengatakan unsur lain yang melakukan pemantauan di Pantai Pangandaran yaitu Polair, Pol PP, Balawisata, Dinkes, TNI AL dan SAR MTA. Tim Basarnas melakukan kegiatan pemantauan di objek wisata Pantai Santolo bersama unsur lain diantaranya Polair, Polsek, Koramil, Pos TNI AL, Dinkes dan Life Guard santolo.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA