Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Perpustakaan Kota Depok Tetap Buka Saat Liburan Sekolah

Selasa 31 Dec 2019 13:51 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

Siswa Sekolah Dasar Islam di Depok melakukan aktivitas baca buku saat kunjungan edukasi di Perpustakaan Kota Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Siswa Sekolah Dasar Islam di Depok melakukan aktivitas baca buku saat kunjungan edukasi di Perpustakaan Kota Depok, Jawa Barat, belum lama ini.

Foto: Antara/Kahfie Kamaru
Para pelajar diimbau untuk tetap membaca dan datang ke Perpustakaan Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Kadiskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah mengatakan, selama liburan sekolah, Gedung Perpustakaan Kota Depok tetap buka. Untuk itu, pihaknya mengimbau para pelajar untuk tetap membaca dan datang ke Perpustakaan Kota Depok.

"Saat masa libur sekolah, Perpustakaan Kota Depok tetap buka," kata Siti Chaerijah, di Kantor Diskarpus Kota Depok, Selasa, (31/12).

Selain itu, lanjut Siti, para pelajar juga bisa mengunjungi taman baca masyarakat (TBM) yang ada di lingkungan. "Saat ini di Kota Depok sudah memiliki 46 TBM yang tersebar di setiap kelurahan. Anak-anak bisa memanfaatkan waktu untuk membaca, belajar, dan berkegiatan di sana," jelas dia.

Siti menambahkan, selain bisa berinteraksi, di TBM juga banyak kegiatannya. Seperti, bedah buku, menulis, seminar, dan masih banyak lagi. Tentu yang berkaitan dengan literasi. "Kami meminta para orang tua dapat membimbing anaknya dalam memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk tetap belajar dan membaca," harapnya.

Saat ini Kota Depok sudah mempunyai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Gemar Membaca, setiap anak harus membaca minimal dua jam sehari. Ini seiring dengan Perda Nomor 17 Tahun 2008 tentang Jam Belajar pada pukul 18.00-20.00 WIB.

"Belajar di sini tidak hanya belajar ilmu pengetahuan umum. Tetapi juga bisa belajar membaca Alquran dan buku keagamaan lain. Intinya anak-anak wajib membaca. Ayo datang ke Perpustakaan Kota Depok," pungkas Siti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA