Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Xavi: Guardiola akan Ubah Fokus ke Liga Champions

Selasa 31 Dec 2019 13:15 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Pep Guardiola

Pep Guardiola

Foto: EPA-EFE/NEIL HALL
Xavi menilai pengalihan fokus ke kancah Eropa penting demi menjamin trofi musim ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Legenda sepak bola Spanyol Xavi Hernandez percaya mantan pelatihnya, Pep Guardiola, tetap bisa meraih gelar untuk Manchester City musim ini. Xavi memperkirakan Guardiola akan mengalihkan fokus City ke kompetisi Eropa.

"Pep adalah seorang pemenang sejak lahir," kata Xavi dilansir dari Mirror pada Selasa (31/12).

Xavi menilai pengalihan fokus ke kancah Eropa penting demi menjamin raihan trofi musim ini. Sebab, meski tak mungkin, sangat sulit bagi City mengejar ketinggalan dari Liverpool di kancah domestik dengan selisih 14 poin. Xavi pernah bermain di bawah asuhan Guardiola selama di Barcelona antara 2008-2012.

"Ini akan menyakitinya bahwa Manchester City jauh di belakang Liverpool di liga. Meski dia tidak akan menyerah, dia akan realistis. Selisihnya sangat besar dan saat ini tampaknya tidak mungkin mereka dapat menjuarai tiga gelar berturut-turut. Saya pikir ada kemungkinan besar Pep akan memprioritaskan Liga Champions," ujar mantan pemain timnas Spanyol itu.

Baca Juga

photo
Xavi Hernandez


Xavi menyebut Guardiola tengah meracik komposisi pemain untuk dimainkan di Liga Champions melawan Real Madrid. Jika Guardiola fokus pada Liga Champions, maka sebagian pemain utama akan disimpan demi laga tersebut. “Mungkin akan ada kesempatan untuk mengistirahatkan pemain sebelum pertandingan ini yang tidak akan mereka miliki jika mereka juga mengejar perburuan gelar domestik," ucap dia.

Xavi merasa Guardiola ingin memenangkan trofi Eropa lebih dari sekadar penghargaan domestik. Apalagi kemenangan dalam kompetisi itu akan meningkatkan status klub.

“Pep ingin memenangkan setiap trofi yang dia bisa, tetapi jika Anda bertanya padanya di awal musim apa yang dia inginkan, saya yakin dia akan mengatakan Liga Champions," jelas Xavi. “Dia bercanda dengan Klopp bahwa mungkin Manchester City dan Liverpool harus bertukar trofi tahun ini, tetapi ada beberapa kebenaran dalam lelucon itu."

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA