Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Kota Madiun Gelar Car Free Night di Malam Tahun Baru

Senin 30 Dec 2019 23:19 WIB

Red: Nora Azizah

Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar kegiatan

Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar kegiatan "Car Free Night" (CFN) 2019 menyambut malam pergantian tahun 2019/2020 pada Rabu tanggal 31 Desember (Ilustrasi car free night)

Foto: Antara/Agus Bebeng
Car Free Night Madiun akan berlangsung di pusat kota.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar kegiatan "Car Free Night" (CFN) 2019 menyambut malam pergantian tahun 2019/2020 pada Rabu tanggal 31 Desember. Acara ini rencananya akan berlangsung di Alun-Alun Kota Madiun dan sepanjang Jalan Pahlawan akan diperluas hingga ke Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun.

Baca Juga

"Lokasi yang menjadi tempat CFN akan steril dari kendaraan bermotor. Pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan saat CFN di tiga lokasi tersebut," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Madiun Kota, AKP Budi Cahyono, Senin (30/12).

Menurut dia, pengalihan arus lalu lintas tersebut untuk menghindari kemacetan di Kota Madiun. Ia meminta pengendara yang hanya melintas diimbau tidak melewati jalan-jalan tengah Kota Madiun. Hal itu karena sebagian jalan tengah kota akan ditutup.

Adapun, sejumlah jalan yang akan ditutup untuk mendukung acara tersebut antara lain, Jalan Pahlawan mulai dari Balai Kota Madiun hingga persimpangan tugu. Kemudian Jalan Semeru, Jalan Panglima Sudirman sekitar kawasan alun-alun, hingga Jalan Alun-Alun Timur.

Kemudian, jalan-jalan di sekitar lokasi CFN akan dijadikan kantong parkir. Di antaranya, Jalan Kolonel Marhadi, Sulawesi, Kalimantan, Perintis Kemerdekaan, dan, Jalan Merapi. Diperkirakan, kegiatan tersebut akan diikuti ribuan warga. Tidak hanya dari Kota Madiun saja, namun juga daerah lain di sekitarnya, seperti Magetan, Ngawi, Ponorogo, dan Kabupaten Madiun.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, aparat yang diterjunkan berasal dari gabungan TNI, Polri, dan pemerintah kota. Seperti diketahui, CFN merupakan agenda rutin yang digelar Pemkot Madiun bersama Polres Madiun Kota sebagai bentuk perayaan positif saat pergantian tahun baru. Kegiatan CFN pertama kali digelar pada tahun 2015 saat merayakan pergantian Tahun Baru 2016.

Adapun kegiatan CFN tersebut digagas dengan tujuan untuk menciptakan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas saat perayaan pergantian tahun baru. Selain itu, juga untuk menghindari kegiatan balap liar, konvoi, kemacetan yang dulu marak terjadi saat perayaan tahun baru, dan untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Pada acara CFN, terdapat beraneka kegiatan yang menarik. Mulai dari hiburan seni, pesta kembang api, kuliner, pameran, hingga atraksi dari berbagai komunitas.

Pihak Pemkot dan Polres Madiun Kota berharap, acara Car Free Night 2019 dapat berjalan lancar dan kondusif. Sebab, kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kreativitas para generasi muda dari pada merayakan pergantian tahun dengan konvoi ataupun kegiatan lainnya yang negatif dan merugikan masyarakat.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA