Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

IHRAM Tawarkan Kemudahan di Dzikir Nasional Republika

Senin 30 Dec 2019 18:03 WIB

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil

Tangkapan layar aplikasi ihram

Tangkapan layar aplikasi ihram

Foto: Dok Republika
Masyarakat bisa mengunduh aplikasi ihram di Playstore.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Aplikasi IHRAM Republika adalah aplikasi online perjalanan umrah yang memuat panduan ibadah umrah, haji, serta fitur menarik lainnya. Aplikasi IHRAM diluncurkan untuk memberi kemudahan kepada umat ini hadir di Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, sejak 27-31 Desember 2019.

Project Manager IHRAM Republika Suherdi Riki mengatakan, masyarakat bisa mengunduh aplikasi IHRAM di Playstore melalui gawai masing-masing. Melalui fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi tersebut umat akan mendapat kemudahan dalam menjalankan ibadah umrah.

"Masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umrah bisa memilih travel umrah atau Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) melalui aplikasi IHRAM dan transaksinya juga langsung melalui aplikasi IHRAM," kata Riki kepada Republika di Masjid Agung At-Tin, Senin (30/12).

Baca Juga

Ia menjelaskan, salah satu fitur yang ada dalam aplikasi IHRAM adalah pilihan paket umrah. Di dalam fitur ini ada 19 PPIU yang sudah menjadi mitra kerja aplikasi IHRAM. Riki memastikan PPIU yang menjadi mitra aplikasi IHRAM adalah PPIU yang tepercaya dan baik pelayanannya, seperti Abhinaya Tour and Travel.

Selain itu, ada fitur pembiayaan umrah di dalam aplikasi IHRAM. Jadi, masyarakat bisa berangkat umrah meski belum memiliki cukup uang. Setelah melaksanakan umrah, masyarakat membayar cicilan sebesar Rp 972.300 per bulan selama 24 bulan. Dalam menjalankan pembiayaan umrah ini aplikasi IHRAM bekerja sama dengan BFI Finance Syariah.

"Pembiayaan umrah ini tidak ada unsur riba, meskipun masyarakat umrah dulu setelah umrah baru membayar cicilan, masyarakat juga bisa memilih travel umrah atau PPIU yang mereka inginkan karena ada puluhan PPIU yang sudah menjadi mitra BFI Finance Syariah," ujarnya.

Untuk mendapatkan semua kemudahan menjalankan ibadah umrah, Riki mengatakan, masyarakat bisa mengunjungi stand aplikasi IHRAM Republika di acara Festival Republik dan Dzikir Nasional. Di stand ini masyarakat akan mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap tentang kelebihan dan kemudahan yang ditawarkan aplikasi IHRAM.

Fitur yang tidak kalah penting adalah fitur panduan melaksanakan ibadah umrah dan haji, doa-doa, arah kiblat, waktu shalat dan prediksi cuaca. Pada 2020 aplikasi IHRAM akan dikembangkan dengan menambahkan fitur oleh-oleh haji dan umrah.

"Jadi, jamaah umrah atau masyarakat umum bisa memesan oleh-oleh haji dan umrah melalui aplikasi IHRAM, nanti buah tangan tersebut diantar ke rumah si pemesan," jelasnya.

Riki menyampaikan, pada 2020 juga akan dikembangkan sebuah forum komunikasi pengguna aplikasi IHRAM. Melalui forum ini jamaah umrah bisa mendapatkan panduan dari ustaz yang membimbing ibadah umrah secara langsung. Aplikasi IHRAM ini juga akan mengembangkan fitur dinding cerita seperti Instagram.

Aplikasi IHRAM bersama PPIU yang menjadi mitranya salah satunya Abhinaya Tour and Travel ada Festival Republik dan Dzikir Nasional. Riki menerangkan, Abhinaya Tour and Travel memberikan tawaran harga yang menarik sekaligus memberikan asuransi kepada jamaah umrah sebelum dan setelah umrah.

Ia menjelaskan, bila jamaah umrah sebelum umrah meninggal dunia atau terjadi hal yang tidak diinginkan, ahli warisnya akan diberangkatkan umrah oleh Abhinaya Tour and Travel. "Bila jamaah umrah meninggal dunia setelah umrah dalam rentang waktu satu tahun setelah umrah, ahli warisnya tetap akan diberangkatkan umrah juga, ini kelebihan asuransi yang ditawarkan Abhinaya Tour and Travel sebagai mitra aplikasi IHRAM," katanya.

Marketing aplikasi IHRAM Republika Yulianingsih Yamin menambahkan, Republika menghadirkan aplikasi IHRAM semata-mata untuk memberikan kemudahan kepada umat Islam yang menjadi calon jamah umrah. Sehingga mereka bisa memilih PPIU yang sesuai harganya dan waktu berangkatnya.

 

"Jadi, calon jamaah umrah tidak perlu telepon ke sana ke sini, tidak perlu cek web atau situs travel umrah, karena masyarakat bisa mendapatkan semua informasi dalam aplikasi IHRAM yang bermitra dengan PPIU yang reputasinya bagus," ujarnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA