Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Tuesday, 25 Rajab 1442 / 09 March 2021

Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri

Senin 30 Dec 2019 14:03 WIB

Red: Ani Nursalikah

Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate

Menkominfo Siapkan Jaringan Telekomunikasi Aman Mandiri. Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate

Foto: Antara/Wahyu Putro A
Jaringan telekomunikasi itu terkait pertahanan dan keamanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebutkan pemerintah sedang menyiapkan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri untuk jangka panjang. "Kita mau membangun suatu jaringan taktikal nasional secara khusus. Tetapi, ini panjang sekali," katanya di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (30/12).

Johnny menyampaikannya usai melakukan Rapat Paripurna Tingkat Menteri (RPTM) mengenai Jaringan Aman Mandiri yang dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD. Ia mengakui, perlu ada penelitian dan koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga untuk menyiapkan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri.

Hal itu termasuk menjadikan jaringan telekomunikasi yang aman dan mandiri sebagai kebijakan pemerintah dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) atau dalam bentuk program lainnya. "Ini baru diskusi tahap pertama. Masih disusun perencanaannya karena ini satu yang sangat jangka panjang dan strategis," katanya.

Ia menjelaskan jaringan telekomunikasi itu terbagi dua, yakni terkait pertahanan dan keamanan. Kedua, terkait pelayanan pemerintahan dan operasional.

Johnny mengatakan, idealnya jaringan telekomunikasi itu buatan sendiri agar mandiri dan benar-benar terjamin keamanannya. "Kalau belum bisa buatan sendiri, gimana untuk menjaga keamanan dan sekuriti negara. Itu kan harus diatur dengan baik," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA