Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Nisan Awal Islam Ditemukan tak Jauh dari Masjid Al-Haram

Senin 30 Dec 2019 15:15 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Pemerintah Saudi mengkaji lebih lanjut temuan batu nisan diduga kuat dari awal Islam.

Pemerintah Saudi mengkaji lebih lanjut temuan batu nisan diduga kuat dari awal Islam.

Foto: Saudi Gazette
Batu nisan tersebut diduga kuat berasal dari era awal Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH – Batu nisan yang berasal dari era awal Islam telah ditemukan di Makkah, Arab Saudi. Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Saudi (SCTH) mengatakan, batu nisan tersebut ditemukan di dekat pemakaman bersejarah Al-Moalla di Makkah. 

Baca Juga

Direktur Jenderal Registrasi dan Pelestarian Benda Purbakala di Sektor Warisan Nasional SCTH, Naif Al-Qanur, mengatakan bahwa artefak tersebut ditemukan saat dilakukan penggalian oleh perusahaan kontraktor guna pembangunan tempat parkir pintar di dekat pemakaman, yang terletak di utara Masjid al-Haram. 

Menurutya, batu nisan tersebut memperlihatkan adanya prasasti dalam kaligrafi Islam serta membawa sebagian kecil tembikar, yang semuanya berasal dari periode awal Islam.

"Potongan-potongan artefak ini diserahkan kepada SCTH, sehingga spesialis di bagian barang antik dapat memeriksa dan mempelajarainya secara mendalam," kaa Al-Qanur, dilansir di Saudi Gazette, Senin (30/12). 

Dia menambahkan, bahwa tim khusus dari SCTH akan menindaklanjuti pekerjaan penggalian yang tengah berlangsung di situs tersebut setiap hari untuk mengantisipasi ditemukannya lebih banyak artefak. Hal itu dilakukan dalam koordinasi langsung dengan Wali Kota Makkah dan perusahaan kontraktor. 

Sementara itu, melalui situs resminya pada Sabtu lalu, wali kota Makkah telah mengumumkan tentang penemuan batu nisan tersebut. Disebutkan, bahwa batu nisan ditemukan selama pekerjaan pengeboran untuk proyek parkir mobil pintar yang baru, yang bersebelahan dengan area pemakaman bersejarah.

Selain itu, dia juga mencatat bawha pihaknya telah berkoordinasi dengan SCTH cabang Makkah dan perusahaan kontraktor untuk pengawasan fase selanjutnya dari penggalian serta untuk menerima artefak yang ditemukan. (Kiki Sakinah)

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA