Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Mang Uha, Viral Seusai Bersihkan Got Mampet Saat Banjir

Senin 30 Dec 2019 10:30 WIB

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolanda

Mang Uha, pria asal Cicadas Bandung yang viral di media sosial karena membersihkan gorong-gorong saat banjir terjadi, Senin (30/12).

Mang Uha, pria asal Cicadas Bandung yang viral di media sosial karena membersihkan gorong-gorong saat banjir terjadi, Senin (30/12).

Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Mang Uha menemukan sampah plastik, pembalut, hingga celana dalam di got mampet.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mang Uha (42 tahun), pria asal gang H Syahroni RW 04, Cicadas, Kelurahan Cikutra, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, mendadak viral di media sosial. Ia banyak dibicarakan dan diapresiasi netizen karena berani masuk ke gorong-gorong di sekitar lingkungannya yang mampet dan dipenuhi air sedalam 3 meter.

Dalam video berdurasi 17 menit di media sosial yang telah dikomentari lebih dari 2.800 netizen ini, Mang Uha masuk ke gorong-gorong menggunakan tangga kayu. Kemudian ia menyelam ke dasar gorong-gorong yang memiliki kedalaman 3 meter dan dipenuhi air yang kotor dan pekat.

Tidak lama berselang, air dalam gorong-gorong menyusut dan Mang Uha pun muncul kembali dengan menaiki tangga kayu. Ia pun ditemani oleh rekan kerjanya, mang Oho saat membersihkan gorong-gorong.

Saat ditemui di balai pertemuan RW 03, Mang Uha bercerita jika peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (25/12) kemarin. Ia mengungkapkan saat itu masyarakat mengeluhkan air di gorong-gorong di gang membludak. Sehingga mereka meminta dirinya untuk membersihkan gorong-gorong tersebut.

"Masyarakat pada nyuruh (bersihkan gorong-gorong). Saya gak narget (minta uang), ada yang ngasih Rp 20 ribu, ada Rp 30 ribu. Alhamdulillah saya bisa sendiri (bersihkan gorong-gorong)," ujarnya yang didamping Mang Oho di balai pertemuan RW 03, Senin (30/12).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by mangprang_official (@mangprang_official) on

Saat membersihkan gorong-gorong yang tersumbat, ia mengaku sampah yang berhasil diambil yaitu pembalut, celana dalam, satu kantung plastik besar dan sekarung barangkal. 

Menurutnya, sebelum gorong-gorong tersumbat terjadi hujan besar. "Saya udah tahu di mana (yang tersumbat). Saat itu dari pukul 11.30 WIB sampai jam 15.00 WIB bersih-bersihnya," katanya.

Ia mengaku sudah melakoni pekerjaan membersihkan gorong-gorong dan lainnya sejak 20 tahun terakhir. "Saya serabutan, kalau ada yang nyuruh dikerjakan. Kalau gak ada yang nyuruh, nggak akan kerja," katanya.

Usai masuk ke gorong-gorong, Uha mengaku tidak mengalami sakit. Terlebih saat turun ke dalam air di gorong-gorong tidak memakai pelindung tubuh. "Rasa airnya rasa straberi, kedalaman tiga meter," katanya.

Mang Uha semakin kaget ketika aksi yang dilakoninya viral di media sosial. Ia pun mengaku tidak bisa tidur selama dua hari terakhir. Bahkan, ketika banyak orang yang mencarinya, menurutnya ibunya kaget dan khawatir anaknya terkena masalah.

Yulius Iskandar (35), netizen yang pertama kali mengunggah video aksi Mang Uha di media sosial mengaku tidak menyangka video yang dipostingnya bisa menjadi viral. Bahkan aksi Mang Uha viral sampai ke luar negeri.

"Nyampe ke saya (video), saya ngepost di Instagram. Di twitter naik cepat pas di reetweet Ernest Prakasa dan di instagram sama Infobdg. Saat itu satu jam nerima ribuan notif. Gak nyangka," katanya.

Ia mengaku memposting video Mang Uha ke media sosial karena ingin mengapresiasi dan memberikan sesuatu atas apa yang dilakukan Mang Uha. "Ada orang yang senekat itu," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA