Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

Saturday, 4 Sya'ban 1441 / 28 March 2020

BPBD Sukabumi Gelar Aksi Siaga Bencana Jelang Akhir Tahun

Senin 30 Dec 2019 06:25 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Andi Nur Aminah

Aksi siaga bencana disiapkan menjelang akhir tahun baru 2019. Foto, petugas  melaksanakan simulasi penanganan bencana kebakaran (ilustrasi).

Aksi siaga bencana disiapkan menjelang akhir tahun baru 2019. Foto, petugas melaksanakan simulasi penanganan bencana kebakaran (ilustrasi).

Foto: Antara/Galih Pradipta
Aksi Siaga Bencana ini sebagai wujud peningkatan kesiapsiagaan bencana.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi menggiatkan aksi siaga bencana (ASB) pada momen Natal dan Tahun Baru 2020. Khusus pada momen pergantian tahum BPBD membuka posko siaga di sekitar bundaran tugu Adipura atau di dekat Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi. "Langkah ini sebagai wujud peningkatan kesiapsiagaan bencana," ujar Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kota Sukabumi Zulkarnain Barhami, Senin (30/12).

Baca Juga

Tujuannya agar warga masyarakat kota semakin nyaman dan terlayani lebih dekat. Terlebih kata Zulkarnain, saat ini sudah masuk masa penghujan yang cenderung terjadi longsor, banjir dan puting beliung, seharusnya kesiagaan terus ditingkatkan. Rangkaian ASB yang berlangsung selama kurang lebih sepuluh hari ini diisi juga dengan drill kapasitas petugas dalam menghadapi bencana.

Hal ini lanjut Zulkarnain, dilakukan agar petugas sudah sigap dalam merespons kejadian berkat pembekalan yang sudah diberikan. Selain drill, langkah lainnya dari rangkaian ini, adalah aktivasi pos lapangan bergabung bersama dengan giat operasi lilin lodaya. Kegiatan ini dipusatkan di bundaran dekat Apotek Kimia Farma.

Pada even ASB, Zulkarnain mengatakan, personel disiagakan di dua titik yang berbeda. ASB ini juga melibatkan unsur Pramuka, Tagana dan PMI serta relawan bencana dibantu juga dari satuan kebakaran. Nantinya mereka bertugas selama 24 jam dengan sistem shift pagi dan shift malam.

ASB masa Natal dan Akhir Tahun 2019 diawali dengan apel aktivasi posko ASB di BPBD Kota Sukabumi. Selanjutnya diteruskan dengan instal spanduk imbauan bersama Satlantas Polresta yang dipasang di sejumlah titik keramaian lalin. Di antaranya di simpangan RM Bunut, Toserba Slamet, MY Martadinata, Kapolres, Bank BRI cabang utama, dan lain lain.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA