Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

70 Ton Sampah Sumbat Muara CBL Bekasi

Senin 30 Dec 2019 03:19 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolanda

Tumpukan sampah di sepanjang alan Raya Cikarang Bekasi Laut (CBL)  yang berada di Desa Sumber Jaya, Kabupaten Bekasi

Tumpukan sampah di sepanjang alan Raya Cikarang Bekasi Laut (CBL) yang berada di Desa Sumber Jaya, Kabupaten Bekasi

Foto: Republika/M Tiarso
Sampah yang sumbat muara CBL Bekasi seperti batang kayu dan sampah rumah tangga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bekasi melaporkan terdapat tumpukan sampah mencapai 60 sampai 70 ton. atau sekitar 10 truk sampah. Tumpukan sampah tersebut menyumbat aliran sungai muara Cikeas Bekasi Laut (CBL) dan Bendung Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Ahad (29/12).

Baca Juga

"Jumlahnya sekitar 60-70 ton. Bisa diangkut 10 truk sampah," ujar Kasie RR BPBD Kota Bekasi, Edy dalam keterangannya, Ahad (29/12).

Edy melanjutkan, jenis sampah tersebut meliputi batang-batang kayu, bambu, sampah rumah tangga dan jenis sampah lainnya yang terbawa arus sungai karena intensitas hujan yang tinggi di wilayah hulu. Menurutnya, permasalahan tumpukan sampah tersebut memang kerap terjadi pada puncak musim hujan tiba.

Tim gabungan dari unsur TNI, Polri, BPBD Kabupaten/Kota Bekasi, Dinas PUPR dan Dinas terkait lainnya bergerak cepat untuk melakukan pembersihan manual guna mengantisipasi terjadinya banjir sebagai dampak dari penyumbatan sampah tersebut. Kegiatan pembersihan tersebut dipimpin oleh Dandim 0507 Kolonel Infanteri Rama Ramadhani yang dimulai pada pukul 08.12 WIB.

Kegiatan pembersihan tersebut ujarnya harus dihentikan sementara karena tim membutuhkan bantuan alat berat guna membantu percepatan proses pengerukan sampah. Kegiatan akan dilanjutkan esok hari dengan mengerahkan bantuan eskavator milik Dinas PUPR Bekasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA