Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Air Mancur Sri Baduga Meriahkan Pergantian Tahun

Senin 30 Dec 2019 01:44 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta.

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta.

Foto: dok. Disporaparbud
Pemerintah Purwakarta telah menyiapkan sejumlah acara untuk dinikmati warga.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menyiapkan acara untuk merayakan pergantian tahun. Serangkaian acara ini bisa dinikmati warga yang ingin merayakan tahun baru di Purwakarta.

Baca Juga

Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengatakan pihaknya telah merancang sejumlah acara untuk dinikmati warga. Salah satunya yang ditunggu-tunggu adalah pertunjukkan Air Mancur di Taman Sribaduga.

Heri mengatakan pertunjukkan air mancur ini memang sudah lama vakum akibat debit air menurun saat musim kemarau. Namun, seiring intensitas hujan yang meningkat, air mancur siap memeriahkan perayaan Tahun Baru 2020 di Purwakarta.

“Acara malam di tahun baru akan ada pertunjukan Air Mancur Sri Baduga karena air sudah mencukupi standar,” kata Heri kepada Republika.co.id, Ahad (29/12).

Heri mengatakan untuk pertunjukkan air mancur Sribaduga akan dimulai pada Selasa (31/12) pukul 20.00 WIB. Pertunjukkan air mancul berskala internasional ini juga akan menampilkan atraksi budaya yang disiapkan memukau penonton. 

Menurutnya, pertunjukkan ini dipilih karena Air Mancur Sribaduga merupakan destinasi wisata unggulan di Purwakarta. Masyarakat juga sudah lama menanti-nanti pertunjukkan yang terhenti selama beberapa bulan ini. 

“Kami targetkan ada 70.000 lebih wisatawan yang akan berkunjung ke Purwakarta termasuk yang melihat pertunjukkan air mancur ini,” ujarnya. 

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengadakan serangkaian acara lainnya. Perayaan tahun baru akan dimulai dengan peresmian Galeri Menong yang merupakan pusat oleh-oleh dan kerajinan khas Purwakarta. Masyarakat juga bisa menikmati malam jelang pergantian tahun baru dengan berwisata belanja dan kuliner dari produk pelaku UMKM di Purwakarta. 

“Kami ada Festival UMKM di sepanjang jalan KK. Singawinata juga Festival Bambu Culture,” tambahnya. 

Ia pun mengajak masyarakat untuk datang ke acara-acara tahun baru yang disiapkan Pemkab Purwakarta. Apalagi acara ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi para pengunjungnya. 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana mengajak masyarakat untuk datang ke acara perayaan tahun baru yang diadakan Pemkab Purwakarta. Sehingga pergantian tahun bisa terpusat di satu titik. 

"Sebanyak 500 pelaku UMKM Purwakarta akan menjajakan produk kebanggaan mereka. Jadi, yuk hadir langsung malam pergantian tahun nanti," kata Sekda. 

Ia pun berharap pertunjukkan Air Mancur Sribaduga bisa menarik wisatawan di Purwakarta. Tak hanya itu, ada kegiatan tukar nasib yang memang secara rutin dilakukan setiap tahunnya bakal kembali digelar sebagai puncak dari kegiatan di malam pergantian tahun di Purwakarta. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA