Friday, 25 Jumadil Akhir 1443 / 28 January 2022

Pemkot Tangsel Larang Petugas Kebersihan Libur

Ahad 29 Dec 2019 13:18 WIB

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Nidia Zuraya

Petugas kebersihan (ilustrasi)

Petugas kebersihan (ilustrasi)

Foto: www.beritajakarta.com
Petugas kebersihan akan ditempatkan di titik- titik keramaian malam tahun baru

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN — Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melarang petugas kebersihan berlibur saat momen tahun baru. Mereka tetap bertugas membersihkan sampah di wilayah titik keramaian.

Di saat momen tahun baru dirasakan oleh setiap masyarakat, hal tersebut tidak berlaku bagi petugas kebersihan Kota Tangsel. Pada malam perayaan tahun baru, mereka tetap harus bekerja menjaga kota agar tetap bersih.

Baca Juga

"Pada malam pergantian tahun nanti, petugas kebersihan tidak boleh libur, keesokan harinya setelah malam pergantian tahun harus langsung melakukan pembersihan," kata Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, Sabtu (28/12).

Menurut Airin, petugas kebersihan nantinya akan membersihkan sampah di titik- titik keramaian, sehingga tidak ada sampah yang menumpuk dipinggir jalan.  Tentu adanya kemungkinan pada saat pergantian malam tahun baru sampah lebih banyak berserakan.

"Seperti jalan Serpong di depan WTC yang menjadi titik berkumpulnya masyarakat untuk merayakan pergantian tahun, itu biasanya ada sampah,” jelasnya.

Ia juga meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel, untuk segera sigap membersihkan sampah setelah malam perayaan tahun baru. Agar kondisi lingkungan tersebut dalam keadaan bersih dan terjaga.

Dihimbau juga kepada seluruh masyarakat yang merayakan malam tahun baru, untuk menjaga kebersihan. Sehingga keesokan harinya, titik dimana perayaan malam tahun baru di Tangsel tetap dalam kondisi yang bersih.

Lebih lanjut, Pemerintah Kota sudah berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemkot Tangsel tidak merayakan malam pergantian tahun.

“Kita memang tidak membuat acara apa- apa, saat kita koordinasi, kita tanya ke pihak kepolisian dimana saja titik keramaian, seperti yang sebelumnya kan ada titik keramaian saat pergantian malam tahun seperti di Bintaro Xchange, Alam Sutera, Serpong dan lainnya," jelasnya.

Sementara itu, salah satu petugas kebersihan Kota Tangsel Rudi (45) saat ditemui, mengatakan sudah biasa dari tahun sebelumnya saat pergantian tahun, mereka tidak libur. Menurutnya sampah saat tahun baru akan lebih banyak dari biasanya. Maka sampah harus tetap dibersihkan agar tidak tertumpuk dan sebabkan pencemaran.

“Libur tahun baru emang enggak pernah sebelumnya, kalo kita libur siapa yang bersihkan sampah,” ucapnya sambil tertawa, Ahad (29/12).

Lebih lanjut, kata Rudi, untuk titik dimana perayaan tahun baru, dirinya bersama petugas kebersihan lainnya tetap berjaga hingga perayaan selesai. Kemudian lanjut membersihkan jika ada sampah yang berserakan.

Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA