Friday, 15 Safar 1442 / 02 October 2020

Friday, 15 Safar 1442 / 02 October 2020

Angin Puting Beliung Rusak Rumah Warga di Gedebage

Jumat 27 Dec 2019 16:38 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Esthi Maharani

Sejumlah pengendara motor melintasi banjir di ruas Jalan Soekarno Hatta, Gedebage, Kota Bandung, Rabu (25/12).

Sejumlah pengendara motor melintasi banjir di ruas Jalan Soekarno Hatta, Gedebage, Kota Bandung, Rabu (25/12).

Foto: Abdan Syakura
Belasan rumah warga di tiga RW yang berada di dua kelurahan mengalami kerusakan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kota Bandung, Jumat (27/12) siang menyebabkan beberapa wilayah terendam banjir. Selain itu, angin puting beliung menyebabkan belasan rumah milik warga, kontrakan dan masjid mengalami kerusakan.

Camat Gedebage, Dodit Ardian mengatakan angin puting beliung menyebabkan belasan rumah warga di tiga RW yang berada di dua kelurahan mengalami kerusakan. Namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Kejadian (angin puting beliung) pukul 12.30 Wib. Hujannya kira-kira 20 menit, Alhamdulillah gak ada korban," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (27/12).

Di Kelurahan Rancabolang tepatnya di RW 01 dan 02, menurutnya satu unit rumah, satu rumah kontrakan dan masjid terkena dampak angin puting beliung. "Masjid kusennya runtuh, rumah tinggal dan kontrakan atapnya terbang," katanya.

Sementara itu, ia mengungkapkan di wilayah kelurahan Cisaranten Kidul khususnya di RW 04 terdapat lima rumah yang rusak ringan dan satu rumah rusak parah. "Satu rumah rusak parah, atap runtuh. Kantor RW sebagian tembok runtuh, tidak ada korban jiwa," katanya.

Dodit mengatakan warga yang menjadi korban saat ini mengungsi ke rumah keluarganya atau ke tetangganya. Saat ini pihaknya tengah melakukan evakuasi korban dan inventarisasi barang-barang yang rusak.

Hujan deras dan angin kencang pun menyebabkan banjir di sejumlah titik seperti di jalan Gedebage, tepatnya di Pasar Gedebage. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Didi Ruswandi mengaku masih melakukan pendataan titik-titik yang banjir dan tergenang cileuncang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA