Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Selasa, 1 Rajab 1441 / 25 Februari 2020

Rekor-Rekor yang Bisa Dipecahkan Lionel Messi pada 2020

Jumat 27 Des 2019 14:22 WIB

Red: Andri Saubani

Lionel Messi

Lionel Messi

Foto: EPA-EFE/ANDREU DALMAU
2020 menjadi tahun bagi Lionel Messi berpeluang mencetak rekor-rekor baru.

REPUBLIKA.CO.ID, Setelah menjalani tahun 2019 dengan serangkaian kesuksesan dan prestasi, Lionel Messi masih dapat meraih berbagai rekor serta pencapaian pribadi tahun depan. Kapten Barcelona dan timnas Argentina tersebut dapat kembali melanjutkan dominasinya di dunia sepak bola pada 2020 bersama klubnya.

Berikut adalah rekor atau pencapaian yang bisa diraih Messi pada tahun 2020:

Gol terbanyak untuk satu klub

Messi terus mengejar rekor jumlah gol terbanyak untuk satu klub, yang saat ini dipegang oleh mantan penyerang Santos sekaligus legenda sepak bola Brasil Pele.

Pele memegang rekor 643 gol untuk satu tim, tetapi Messi memiliki peluang untuk memecahkannya dengan golnya saat ini tercatat 618 untuk Barcelona. Messi hanya membutuhkan 25 gol lagi untuk menyamai rekor Pele.

Baca Juga

photo
Legenda sepak bola Brasil, Pele


Penampilan terbanyak untuk Barcelona

Messi tahun depan juga mengincar rekor penampilan terbanyak untuk raksasa Katalunya itu. Ia telah membela Barcelona selama 16 musim dan telah tampil 705 kali, dengan total rekor saat ini dipegang oleh mantan rekan setimnya sekaligus mantan pemain timnas Spanyol Xavi Hernandez dengan 767 penampilan.

Penampilan terbanyak di kompetisi UEFA (Eropa)

Rekor pemain dengan penampilan terbanyak di kompetisi UEFA saat ini masih dipegang oleh mantan kiper dan kapten Real Madrid Iker Casillas, dengan 188 kali penampilan. Sementara itu, La Pulga telah tampil 140 kali di Liga Champions dan empat kali di Piala Super Eropa dalam kariernya.

Rekor gol di Liga Champions

Messi musim depan juga bisa menyamai rekor sebagai pemain yang mencetak gol di Liga Champions selama 16 musim berturut-turut, yang saat ini dipegang oleh mantan pemain Manchester United Ryan Giggs. Saat ini rival Messi, Cristiano Ronaldo telah mencetak gol di kompetisi tertinggi Eropa tersebut sebanyak 14 musim berturut-turut.

Ballon d'Or dan Sepatu Emas ketujuh

Pada tingkat pribadi, Messi bisa menyabet Ballon d'Or dan Sepatu Emas ketujuh tahun depan, dengan rekor gol terbanyak di kompetisi Eropa dalam semusim juga berada dalam jangkauannya.

photo
Striker Barcelona FC Lionel Messi berfoto dengan enam trofi Bola Emas (Ballon dOr) pada malam penganugerahan Ballon d'Or 2019 di Theatre du Chatelet, Paris, Perancis, (3/12) dinihari.


Gol terbanyak di kompetisi Eropa dalam semusim

Radamel Falcao telah mencetak 18 gol untuk Porto di Liga Europa musim 2010-11, dengan catatan terbaik Messi hanya terpaut empat gol lebih sedikit pada musim 2011-2012. Messi tidak diragukan lagi membutuhkan bantuan timnya untuk mencapai final kali ini bila ia ingin mengejar pencapaian penyerang asal Kolombia tersebut.

Pemain dengan jumlah trofi terbanyak sepanjang masa

Saat ini rekor dengan jumlah trofi terbanyak sepanjang masa masih dipegang oleh mantan rekan setim Messi di Barcelona, Dani Alves, yaitu dengan total 40 trofi di sepanjang kariernya.

Urutan kedua kembali diduduki oleh mantan rekan setimnya di Barcelona, yaitu Maxwell dengan 37 trofi. Giggs di urutan ketiga dengan 36 gelar dan mantan kiper Porto Vitor Baia dengan 35 piala.

Sedangkan Messi baru meraih 34 trofi dan kemungkinan besar tidak bisa membalap Alves tahun depan, tetapi ia bisa naik peringkat dengan menjuarai gelar domestik dan Eropa bersama Barcelona pada 2020.

photo
Lionel Messi




sumber : Antara/Goal
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA