Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

56 Bus AKDP Siap Layani Liburan Tahun Baru di Lampung

Jumat 27 Dec 2019 12:50 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil

Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Bakauheni Lampung Selatan, Lampung.

Sejumlah pengendara melintas di Jalan Tol Trans Sumatera Terbanggi Besar-Bakauheni Lampung Selatan, Lampung.

Foto: ANTARA FOTO/ Ardiansyah
Pos pengamanan juga disiapkan di Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Sebanyak 56 unit bus Antar-Kota Dalam Provinsi (AKDP) siap melayani rute Pelabuhan Bakauheni – Terminal Rajabasa penumpang pada liburan akhir tahun. Dinas Perhubungan (Dishub) Lampung juga menyiapkan bus cadangan sebanyak 30 unit untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

Kepala Dishub Lampung Bambang Sumbogo mengatakan, moda transportasi darat telah disiapkan untuk mengangkut penumpang pada saat liburan akhir tahun mendatang. Armada bus AKDP telah siap melayani penumpang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Terminal Induk Rajabasa Kota Bandar Lampung, atau sebaliknya. “Selain armada yang mencukupi, juga disediakan bus cadangan,” kata Bambang Sumbogo di Bandar Lampung, Kamis (26/12).

Sebelumnya, aparat Dishub telah melakukan pemeriksaan terhadap bus-bus yang akan melayani penumpang menghadapi libur Natal dan Tahun Baru. Bus tersebut dari berbagai perusahaan otobus telah laik jalan. Petugas telah melakukan pemeriksaan yang ketat kepada bus-bus yang berada di Terminal Rajabasa.

Tak hanya kendaraan bus, ujar dia, sopir dan awak bus juga mendapat pemeriksaan petugas baik kesehatan maupun kelengkapan surat menyurat berlalu lintas lainnya. Bus-bus yang disiapkan dari Bus Damri, Bus Rajabasa Utama, dan perusahaan otobus lainnya.

Selain bus angkutan umum, perusahan otobus lainnya menyiapkan kendaraan antar jemput dalam provinsi (AJDP) sebanyak 101 unit dalam bentuk travel bagi penumpang tujuan Bandar Lampung. Ditambah dengan armada angkutan perkotaan (Angkot) sebanyak 115 unit, termasuk ojek pangkalan dan ojek aplikasi.

Di Terminal Rajabasa, juga telah disediakan pos pengamanan. Penumpang yang kemalaman tiba di terminal dapat beristirahat di pos pengamanan, untuk mengantisipasi tindak kriminalitas. Meskipun, saat ini kondisi keamanan di dalam Terminal Rajabasa sudah berangsur aman dan terkendali.

Sedangkan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Bakauheni, juga telah menyiapkan kapal roro (roll on roll off) atau kapal ferry untuk mengangkut penumpang dan kendaraan pada liburan akhir tahun nanti.

Diperkirakan ada lonjakan penumpang pada akhir tahun, PT ASDP telah menyiapkan 30 sampai 40 unit kapal roro per hari. Selain itu, menambah dan memperbaiki fasilitas pelayanan penumpang pejalan kaki dan kendaraan.

 

Menurut Bagian Humas PT ASDP Bakauheni Syaiful, fasilitas tersebut berupa penambahan loket penumpang dan kendaraan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan guna menunjang kelancaran kenyamanan dan ketertiban.

 

Loket tambahan yakni terdiri dari 17 loket penumpang pejalan kaki dan //vending machine// sebanyak 16 unit, 12 loket kendaraan roda 2 dan 17 loket kendaraan roda 4. Sementara untuk kesiapan dermaga yang beroperasi sebanyak 6 dermaga yaitu dermaga 1, 2, 3, 5, 6 dan dermaga 7 (dermaga eksekutif). Untuk armada kapal, ASDP menyiapkan kapal sebanyak 59 unit. Dalam sehari akan ada 30-40 kapal yang beroprasi.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA