Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Friday, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 February 2020

Ribuan Warga Shalat Gerhana di Masjid Agung Sukabumi

Kamis 26 Dec 2019 13:38 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Muhammad Hafil

Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang.

Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang.

Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Shalat kusuf tersebut tepatnya dilakukan setelah shalat Dzuhur berjamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Ribuan umat Islam di Kota Sukabumi melaksanakan shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi Kamis (26/12) siang. Mereka menjalankan shalat khusyuk dan diakhiri dengan ceramah.

Shalat kusuf tersebut tepatnya dilakukan setelah shalat Dzuhur berjamaah. Momen yang berjalan khidmat ini diawali dengan informasi tata cara pelaksanaan shalat kusuf oleh DKM Masjid Agung Kota Sukabumi.

Pada shalat gerhana matahari di Masjid Agung Kota Sukabumi bertindak sebagai imam shalat Sofyan Tsauri dan Khatib KH Apep Saepulloh. Seperti diketahui pada saat fenomena gerhana matahari berlangsung, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat gerhana atau disebut shalat sunat kusuf. Hukum shalat gerhana matahari adalah sunat muakkadah, atau sangat dianjurkan. 

'' Mari perbanyak takbir, perbanyak istigfar mohon ampun kepada Allah, dan shalat gerhana berjamaah serta bershodaqoh,'' ujar khatib shalat gerhana KH Apep Saefulloh yang juga pengurus MUI Kota Sukabumi dalam ceramah. Upaya ini untuk semakin mendekatkan diri kepada sang pencipta Allah SWT.

Apep mengatakan, shalat kusuf ini disunahkan sehingga sangat dianjurkan bagi umat Islam. Di mana di Kota Sukabumi di setiap masjid dilakukan shalat gerhana.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA