Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Ratusan Warga Lampung Antusias Saksikan Gerhana

Kamis 26 Dec 2019 13:11 WIB

Red: Nora Azizah

Ratusan masyarakat antusias saksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) di pelataran Institut Teknologi Sumatra (ITERA) Lampung (Ilustrasi)

Ratusan masyarakat antusias saksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) di pelataran Institut Teknologi Sumatra (ITERA) Lampung (Ilustrasi)

Foto: Republika/Dadang Kurnia
Warga Lampung bisa melihat Gerhana Matahari Cincin di Institut Teknologi Sumatra.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ratusan masyarakat antusias saksikan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) di pelataran Institut Teknologi Sumatra (ITERA) Lampung. Pihak kampus menyediakan teleskop bagi pengunjung yang ingin melihat gerhana.

"Hari ini sengaja datang ke sini untuk menyaksikan gerhana matahari cincin bersama anak-anak," kata salah seorang warga, Arum (43), di Lampung Selatan, Kamis (26/12).

Arum mengatakan, ini merupakan pengalaman langka baginya bisa melihat langsung fenomena gerhana matahari menggunakan teleskop. Sebab, sebelumnya hanya menggunakan metode zaman dahulu.

"Dulu kan kalau melihat gerhana matahari pakai baskom diisi air, jadi mau coba liat langsung dengan alat yang lebih modern," tambah dia.

Menurutnya, kegiatan ini bermanfaat karena dapat menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat terkait proses terjadinya gerhana matahari dengan benar. Bagi orang tua, fenomena ini juga bisa mengisi waktu libur.

"Saya ke sini untuk mengisi liburan anak-anak juga untuk mengajarkan mereka tentang fenomena alam dan menyaksikan langsung," ungkapnya.

Sementara itu, Panitia Kegiatan, Isnaenda Ikhsan, menyebutkan bahwa pihaknya menyediakan tujuh teleskop untuk mengamati fenomena gerhana matahari bersama. Pihaknya juga menyiarkan fenomena tersebut secara langsung.

"Teleskop yang kami sediakan tujuh unit dimana yang bisa digunakan untuk masyarakat umum itu 6 unit dan satu unit untuk melakukan siaran langsung melalui youtube," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini selalu dilakukan oleh ITERA, baik itu gerhana matahari maupun gerhana bulan. Tujuannya, untuk mengajarkan masyarakat umum tentang mengamati fenomena alam tersebut dengan baik dan benar.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA