Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Thursday, 5 Jumadil Akhir 1441 / 30 January 2020

Petronas Rampungkan Akusisi 49 Persen Saham di Blok Andaman

Selasa 24 Dec 2019 13:33 WIB

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolanda

Petronas

Petronas

Blok Andaman III terletak di lepas pantai Aceh dan dioperasikan oleh Repsol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Petronas melalui anak perusahaan yakni, Petronas Andaman III Indonesia BV telah merampungkan akuisisi 49 persen hak partisipasi di Blok Andaman III dari Talisman Andaman BV, anak perusahaan Repsol SA (Repsol). Adapun Blok Andaman III terletak di lepas pantai Aceh dan dioperasikan oleh Repsol dengan partisipasi 51 persen.

Baca Juga

Penandatanganan JOA (Joint Operation Agreement) yang diadakan baru-baru ini di kantor Repsol di Jakarta menandai selesainya akuisisi. Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PETRONAS Andaman III Indonesia BV Mohd Nazlee Rasol dan Repsol diwakili oleh Manajer Senior Eksplorasi.

“Akuisisi terbaru ini mendukung rencana pertumbuhan jangka panjang Petronas di Indonesia dan merupakan kesaksian atas komitmen kami untuk mendukung pengembangan industri minyak dan gas di Indonesia,” kata Nazlee seperti berdasarkan keterangan tertulis, Senin (23/12).

Di samping itu, menurutnya baik Petornas maupun Repsol berkomitmen untuk bekerja sama dengan Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan Pemerintah Indonesia, dalam mengembangkan lebih lanjut industri minyak dan gas di Aceh.

Blok Andaman III meliputi area seluas 8.440 kilometer persegi. Blok ini terletak di kedalaman air 1.300 meter dalam kawasan cekungan Sumatera Utara. Andaman III merupakan blok eksplorasi yang dimenangkan Talisman pada lelang wilayah kerja tahun 2009. Namun pada 2015, Repsol mengakuisisi penuh Talisman sehingga blok itu hingga kini dikelola Repsol.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA