Tuesday, 6 Zulhijjah 1443 / 05 July 2022

Lima Masjid akan Dibangun di Riyadh City

Selasa 24 Dec 2019 00:01 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Lima Masjid akan Dibangun di Riyadh City. Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi (ilustrasi).

Lima Masjid akan Dibangun di Riyadh City. Masjid Syekh Zayed Abu Dhabi (ilustrasi).

Foto: mithunonthe.net
Lima masjid tersebut memiliki total kapasitas 2.500 jamaah.

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Anak perusahaan dari Dhabi Developmental Holding Company PJSC, Modon Properties, mengumumkan dimulainya pembangunan untuk lima masjid permanen di bagian utara Riyadh City, Abu Dhabi Uni Emirat Arab. Sebelumnya tempat tersebut dikenal sebagai South Shamkha dan North Wathba.

Lima masjid tersebut memiliki total kapasitas 2.500 jamaah. "Pembangunan masjid-masjid ini mencerminkan komitmen Modon untuk membangun komunitas perumahan terintegrasi di Abu Dhabi. Kami ingin memastikan komunitas masa depan menikmati berbagai fasilitas berkualitas tinggi," kata CEO Modon, Abdulla Al Sahi dilansir di Emirates News Agency, Senin (23/12).

Baca Juga

Lokasi masjid telah dipilih bekerja sama dengan Otoritas Umum untuk Urusan Islam dan Wakaf (GAIAE) bersama dengan Departemen Urusan Kota dan Transportasi. Keputusan itu dibuat berdasarkan persentase populasi dengan rencana ekspansi di masa depan.

Konstruksi diharapkan selesai pada kuartal kedua 2020, pada saat bulan suci Ramadhan. Masing-masing masjid memiliki kapasitas antara 400 dan 500 jamaah.

Masing-masing dari lima masjid telah dirancang menggunakan gaya arsitektur yang khas dan tradisional, sesuai dengan standar yang ditetapkan GAIAE.  Dua masjid akan berukuran 487 meter persegi, dua masjid lainnya akan berukuran 609 meter persegi, dan yang kelima akan mencakup 593 meter persegi.

Setiap masjid tersebut akan mencakup ruang shalat wanita, ruang muazin, dan ruang imam, serta dua area wudhu internal dan eksternal. Setelah selesai, lima masjid itu akan dikelola oleh GAIAE.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada GAIAE bersama dengan Departemen Kota dan Transportasi, untuk dukungan berkelanjutan yang mereka berikan kepada Modon selama studi tentang cara terbaik menyebarkan masjid, di samping koordinasi mereka memastikan masjid disediakan sumber daya manusia dan pasokan yang cukup setelah selesai," ujar Al Sahi.

Selain masjid permanen, lima masjid sementara dikembangkan pada 2018 oleh Modon, dengan total kapasitas lebih dari 1.600 jamaah. Saat ini masjid tersebut diawasi oleh GAIAE.

Masjid-masjid itu akan meningkatkan kehidupan di Abu Dhabi dengan menyediakan warga banyak pilihan dan lokasi. Modon memiliki tujuan menciptakan perkembangan, di mana komunitas dan keluarga tetap menjadi inti dari proyek.

Ke depan Riyadh City akan menampung lebih dari 200 ribu orang, menjadikannya komunitas pengembangan perumahan terbesar di Abu Dhabi. Proyek ini akan memiliki fasilitas komunitas, termasuk taman, sekolah, toko, masjid, pusat kesehatan, dan pusat komunitas.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA