Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Tuesday, 10 Syawwal 1441 / 02 June 2020

Istiqlal Direnov, Katedral Imbau Jemaat Pakai Kendaraan Umum

Senin 23 Dec 2019 13:35 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Reiny Dwinanda

Masjid Istiqlal tak dapat menampung kendaraan jemaat Gereja Katedral sebanyak tahun sebelumnya menyusul proses renovasi masjid yang masih berlangsung.

Masjid Istiqlal tak dapat menampung kendaraan jemaat Gereja Katedral sebanyak tahun sebelumnya menyusul proses renovasi masjid yang masih berlangsung.

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Selama ini, jemaat Gereja Katedral bisa parkir di Masjid Istiqlal saat Natal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Humas Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengimbau agar umat Katolik yang akan melaksanakan ibadah Natal di Gereja Katedral pada 24 dan 25 Desember 2019 tidak membawa kendaraan pribadi. Seruan itu dikeluarkan karena keterbatasan lahan parkir mengingat Masjid Istiqlal yang biasa meminjamkan areal parkirnya masih dalam proses renovasi.

"Badan pengelola sudah berkoordiansi dengan kami bahwa lahan parkir tetap disediakan di Masjid Istiqlal, hanya saja areanya terbatas dibandingkan dengan biasanya sebelum renovasi," kata Susyana saat dihubungi Republika.co.id, Senin (23/12).

Selain di Masjid Istiqlal, menurut Susyana, kantong parkir kendaraan roda empat tetap tersedia di beberapa tempat, seperti halaman kantor pos dan halaman sekolah Santa Ursula. Sementara itu, parkir kendaraan bermotor lokasinya sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu berada di gedung Satbekang TNI AD. Meskipun demikian, umat tetap dianjurkan untuk mengguakan trasnportasi publik.

"Sebaiknya naik kendaraan umum, kan sekarang taksi mobil online sudah banyak atau diantar jika memang ada kerabat atau sopir untuk di drop off, itu lebih baik untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang ada di depan area Gereja Katedral dan sekitarnya," tuturnya.

Gereja Katedral akan menggelar ibadah perayaan Natal mulai Selasa (24/12). Sebanyak 15 ribu jemaat diprediksi akan hadir.

Gereja Katedral Jakarta akan menggelar tiga kali misa pada hari Selasa (24/12). Misa pertama digelar pukul 16.30 WIB, misa kedua pukul 19.30 WIB, dan misa ketiga pukul 22.00.

Baca Juga

Sementara diitu,  hari Natal pada 25 Desember, akan ada empat kali misa. Pertama dimulai pukul 07.00, misa kedua, yaitu misa pontifikal yang digelar pukul 09.00 WIB akan dipimpin oleh kardinal Ignasius Suharyo, kemudian misa ketiga yaitu misa keluarga pada pukul 11.00 WIB, dan misa terakhir pukul 17.00 WIB.

"Tema Natal pada tahun ini mengikuti pesan Natal bersama dari Persekutuan Gereja
Konferensi Waligereja Indonesia Indonesia, yaitu "Hiduplah Sebagai Sahabat bagi Semua Orang", sedangkan kalau tema dekorasinya sendiri adalah "Nusantara Merayakan Natal" sehingga dipakai elemen-elemen dekorasi dari nusantara," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA