Ahad 22 Dec 2019 15:23 WIB

LPPM Uhamka Gelar Seminar Nasional Abdimasmu

Kegiatan ini salah satu rangkaian wisuda Uhamka tahun 2019.

LPPM Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar seminar nasional hasil Pengabdian Masyarakat Muhammadiyah (Abdimasmu).
Foto: Dok UHAMKA
LPPM Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) menggelar seminar nasional hasil Pengabdian Masyarakat Muhammadiyah (Abdimasmu).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permasalahan masyarakat sangat kompleks. Perguruan tinggi harus berperan secara langsung untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Menyadari hal tersebut, Universitas Muhammadiyah Prof DR HAMKA (Uhamka) melalui Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan seminar nasional hasil pengabdian masyarakat melalui kegiatan bertajuk Abdimasmu atau Pengabdian Masyarakat Muhammadiyah, Jakarta, Sabtu (21/12).

“Kegiatan Abdimasmu merupakan upaya untuk mendesiminasikan kontribusi perguruan tinggi dalam merespons permasalahan masyarakat di lingkungan sekitarnya,” kata Ketua LPPM Uhamka, Prof Dr Nani Solihati MPd dalam kegiatan tersebut, Sabtu (21/12).

Oleh karena itu, dia melanjutkan, kegiatan mengusung tema “Peran Strategis Pengabdian Masyarakat untuk Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta”. “Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan wisuda Uhamka tahun 2019,” ujarnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Para nara sumber dan panitia seminar nasional hasil Pengabdian Masyarakat Muhammadiyah (Abdimasmu) Uhamka.

Kegiatan ini juga dihadiri narasumber dari berbagai bidang dan latar belakang. Di antaranya Suwitno SE MM (kepala Subdirektorat Pengabdian Masyarakat Ristek Dikti);  Drs Ibni Sholeh MSi dari Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta, dan Nunu Nugraha SFarm Apt (direktur PT Galenika Farmasindo). “Beragamnya latar belakang nara sumber ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat,” kata Nani.

Kegiatan yang dilaksanakan di kampus Fakultas Ekonomi Bisnis Uhamka Jakarta Timur ini dihadiri oleh peserta yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di sekitar Jakarta. 

Selain seminar, kegiatan ini juga diiringi dengan peluncuran Pojok Kependudukan yang merupakan kerja sama Uhamka dengan Dinas PPAPP DKI Jakarta. “Kerja sama ini juga merupakan lanjutan dari kegiatan KKN Bina Keluarga Lansia,” tuturnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement