Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Thursday, 26 Jumadil Akhir 1441 / 20 February 2020

Dampak Menggunakan Kosmetik Kadaluarsa

Ahad 22 Dec 2019 10:55 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Foto: goodhousekeeping.com

Foto: goodhousekeeping.com

Semua jenis kosmetik yang beredar dilengkapi tanggal kadaluarsa. Bagi Anda yang senang menggunakan kosmetik tentu tidak disarankan untuk memakai produk yang masa kadaluarsanya berakhir. 

Semua jenis kosmetik yang beredar dilengkapi tanggal kadaluarsa. Bagi Anda yang senang menggunakan kosmetik tentu tidak disarankan untuk memakai produk yang masa kadaluarsanya berakhir. 

Masalah umum yang akan terjadi bila tetap menggunakan kosmetik kadaluarsa adalah munculnya jerawat pada kulit wajah. Perlu diketahui, kandungan minyak pada kosmetik seperti foundation ataupun cream blush yang sudah kadaluarsa biasanya akan mengumpul pada lapisan teratas. 

Sehingga, ketika Anda menggunakannya berarti memulaskan produk makeup dengan kandungan minyak tinggi yang akan menyumbat pori-pori wajah. Kondisi itu tentu akan muncul jerawat pada kulit wajah.

Selain munculnya jerawat di kulit, berikut masalah lain yang bisa Anda alami saat menggunakan produk kosmetik kadaluarsa.

Iritasi Kulit

Selain jerawat, Anda juga sangat berisiko mengalami iritasi kulit wajah. Hal ini dikarenakan produk makeup yang sudah kadaluarsa memiliki kandungan bakteri jauh lebih tinggi. Bakteri inilah yang akan bereaksi dengan kulit sehingga dapat menimbulkan iritasi pada kulit wajah. Misalnya bintik-bintik merah, kemerahan, hingga kulit yang mengelupas. 

Baca Juga: 4 Trik Mengindari Iritasi Saat Cukur Bulu Kaki

Bibir Bengkak

Anda juga bisa mengalami masalah pada bibir jika menggunakan produk bibir yang sudah kadaluarsa. Bibir cepat terasa perih, menjadi kasar, kering, dan pecah-pecah, serta membengkak. Tentunya Anda tidak ingin mempunyai bibir yang terlihat tidak sehat kan? Maka dari itu, selalu perhatikan tanggal kadaluarsa lipstik, liquid lipstick, lip gloss, dan lip balm yang Anda gunakan.

Masalah Mata

Penggunaan kosmetik mata yang sudah kadaluarsa juga akan menimbulkan masalah pada area mata. Penyebabnya adalah adanya kontak langsung antara penumpukkan bakteri pada produk kosmetik yang kadaluarsa dengan area mata Anda, baik kelopak mata ataupun bulu mata.

Dengan begitu, tentunya Anda bisa mengalami masalah pada mata. Mulai dari terasa perih, mata menjadi berair, mata yang memerah, hingga bisul/jerawat di area mata. Tak hanya itu saja, Anda juga berisiko mengalami infeksi mata yang memerlukan perawatan khusus.

BACA JUGA: Cek Berita SELEBRITI, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA