Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Tuesday, 1 Rajab 1441 / 25 February 2020

Lawan Bilbao, Madrid Wajib Menang

Ahad 22 Dec 2019 01:53 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Agung Sasongko

Karim Benzema, ujung tombak andalan Real Madrid.

Karim Benzema, ujung tombak andalan Real Madrid.

Foto: Republika.
Kemenangan atas Bilbao, membuat Madrid jaga persaingan dengan Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Real Madrid wajib memang saat meladeni Atlethic Bilbao di Stabtiago Bernabeu, Senin (23/12). Sebelumnya, Barcelona menaklukan Alaves 4-1. Artinya selisih poin Madrid dengan Barcelona menjadi tiga poin. 

Bermain di hadapan pendukung sendiri pasca melakoni pertandingan panas dalam laga El Clasico di Cam Nou menjadi keuntungan Madrid. Beban mereka bisa sedikit berkurang karena ada puluhan ribu Madridista yang akan mendukung langsung di stadion. Sehingga kehadiran mereka setidaknya menjadi penawar lelah usai bertandang ke markas Barcelona.

Sergio Ramos dan kawan-kawan kini masih berada di urutan kedua klasemen sementara dengan koleksi 36 poin, kalah selisih gol dari Barca dipuncak klasemen. Karena itu, tiga angka pada setiap pertandingan ke depan sangat penting bagi Madrid untuk selalu menjaga peluang meraih tropi La Liga musim ini tercapai.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane bahagia atas kemajuan permainan yang ditunjukkan anak asunya di El Clasico. Menurut pelatih asal Prancis itu, permainan mereka sangat bagus. Karena itu, Zidane ingin apa yang ditunjukkan di kandang Barcelona bisa berlanjut pada pertandingan berikutnya.

“Kami harus melanjutkan dengan cara ini karena kami melakukannya dengan sangat baik,” kata Zidane usai laga El Clasico.

Ungkapan Zidane tersebut secara tidak langsung dapat menjadi warning kepada Bilbao. Karena jika para pemain Madrid mempertahankan gaya permainan seperti yang ditunjukkan di Camp Nou, gawang Bilbao bisa saja mudah dijebol. Zidane mulai menemukan bentuk permainan dengan sentuhan umpan-umpan pendek yang antraktif.

Kendati demikian, Bilabo bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Berada di urutan ketujuh dan hanya berjarak tiga poin dari Getafe di urutan keempat sekaligus zona Liga Champions membuat mereka berambisi menyodok ke posisi atas. Kondisi itu yang mesti diwaspadai oleh Madrid dalam pertandingan nanti.

Dikutip dari Sportsmole, Sabtu (21/12), Zidane kemungkinan akan melakukan rotasi pemain sebagaimana yang sering dia lakukan pada setiap pertandingan. Gareth Bale yang bermain melawan Barcelona diprediksi akan digantikan oleh Rodrygo Goes atau Vinicius Junior.

Rodrygo tampil cukup baik ketika masuk sebagai pemain pengganti pada laga El Clasico. Dia dinilai bermain bagus di lini depan Madrid dan padu dengan Karim Benzema. Zidane kemungkinan tak akan mengubah banyak pemain di posisi bek dan kiper.

Namun, Zidane harus mencari taktik tepat setelah Casemiro dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Luka Modrid bisa menjadi opsi Zidane untuk memasangkan dengan Toni Kross dan Federico Valverde di lini tengah. Madrid juga belum bisa menurunkan sejumlah pemain pentingnya karena cadera yaitu Mercelo, Marco Asensio, Lucas Vasquez, Eden Hazard dan James Rodriguez.

Peluang Los Bloncos memenangkan pertandingan cukup terbuka lebar. Hal itu jika dilihat dari catatan head to head pertemuan kedua tim. Dari 176 pertemuan, Madrid memenangkan 90 kali sedangkan Bilbao 51 kali. Sisanya berakhir imbang yaitu 35 kali.

Madrid juga menang dua kali dalam lima pertemuan terakhir di La Liga melawan Bilbao, sisanya berakhir imbang. Selain itu, Madrid mempunyai catatan apik dari lima pertandingan terakhir di semua ajang yaitu tiga kali menang dan dua kali imbang.

Sementara Bilbao mencatatkan hasil kemenangan lebih baik dibandingkan Madrid dalam lima pertandingan terakhir yaitu tiga kali menang, satu kali kalah dan satu kali imbang yang semuanya berlangsung di La Liga.

Data dan Fakta Real Madrid versus Athletic Bilbao

1.       Rea Madrid menang sebanyak 14 kali dan tak terkalahkan dari 15 laga kandang terakhirnya saat menjamu Bilbao di semua kompetisi.

2.       Madrid minimal selalu mencetak dua gol dalam 14 dari 15 pertemuan terakhirnya dengan Bilbao di kandang di semua kompetisi.

3.       Bilbao tak pernah mencetak gol dalam empat dari tujuh laga tandang terakhirnya di La Liga

4.       Bilbao menang tiga kali, satu kali kalah dan satu imbang dari lima pertandingan terakhir.

5.       Madrid tak pernah kalah dalam lima pertandingan terakhir di semua kompetisi

6.       Madrid tak bisa menurunkan enam pemainnya karena cedera dan skorsing

7.       Bilbao tak bisa menurunkan empat pemainnya cedera dan skorsing

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA