Sabtu 21 Dec 2019 13:08 WIB

Siap Cetak Rekor MURI, Ada 3.000 Pengamat Gerhana di UMSU

UMSU melakukan pengamatan gerhana pada 26 Desember.

UMSU akan melibatkan 3.000 pengamat gerhana pada 26 Desember.
Foto: Antara/Adiwinata Solihin
UMSU akan melibatkan 3.000 pengamat gerhana pada 26 Desember.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN— Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan kembali memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai pengamatan gerhana terbanyak atau secara massal yang diikuti 3.000 peserta pada 26 Desember 2019.

Kepala Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU, Dr Arwin Juli Rakhmadi Butarbutar, di Medan Sabtu (21/12) mengatakan dalam menyambut gerhana matahari cincin sebagian atau sebesar 90 persen di Kota Medan, tim OIF UMSU siap untuk memecahkan rekor MURI sebagai pengamatan gerhana terbanyak.

Baca Juga

"Selain pengamatan nantinya juga ada pembuatan kacamata matahari terbanyak dalam hal ini kami menyiapkan 3.000 kacamata untuk dibagikan kepada peserta dan pengunjung," katanya.

Pihak kampus UMSU menginstruksikan seluruh staf, karyawan dan mengajak mahasiswa maupun masyarakat Kota Medan untuk ikut memeriahkan perhelatan fenomena alam gerhana matahari cincin langka untuk bersama-sama mengamati gerhana tersebut.

Arwin menjelaskan dalam kegiatan itu selanjutnya tim OIF UMSU akan membimbing dan mengarahkan para peserta maupun pengunjung untuk membuat kacamata dan digunakan secara bersama-sama.

"Untuk perhelatan fenomena gerhana matahari cincin langka ini, OIF UMSU mendaftarkan dua pemecahan rekor kepada MURI yakni dalam membangun sebuah kamera lubang jarum raksasa dengan ukuran 7x15 meter dan pengamatan gerhana terbanyak," tambahnya.

Kegiatan ini dengan tujuan untuk memotivasi masyarakat serta para mahasiswa yang datang agar memiliki minat belajar mengenai ilmu astronomi di OIF UMSU.

Tantangan terbesar yang akan dihadapi pada 26 Desember 2019 nanti adalah keadaan cuaca yang belakangan ini sering hujan, mendung dan gerimis. OIF juga telah bekerjasama (MoU) dengan BMKG Deliserdang, yaitu guna merekam dan disiarkan secara langsung (live streaming).

 

  

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement