Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

4 Makanan Penurun Gula Darah 

Sabtu 21 Dec 2019 13:23 WIB

Rep: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)/ Red: Yuni Arta Sinambela (cek n ricek)

Sumber: honestdoc.com

Sumber: honestdoc.com

Penderita diabetes sangat disarankan untuk memilih makanan yang tepat.

CEKNRICEK.COM -- Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Diabetes termasuk penyakit yang patut diwaspadai. Biasanya hal ini disebabkan karena faktor keturunan, usia, hingga pola makan yang tidak sehat.

Apabila sudah terkena diabetes, kadar gula darah di dalam tubuh cukup sulit untuk dijaga agar tetap stabil. Hindari berbagai macam makanan yang bisa meningkatkan risiko gula darah naik.

Penderita diabetes sangat disarankan untuk memilih makanan yang tepat. Berikut empat makanan penurun gula darah yang wajib diketahui dari berbagai sumber.

Bawang Putih
Anda bisa memakan bawang putih mentah, ditambahkan ke salad, ataupun sudah dimasak. Dilansir dari Medical News Today, bawang putih ternyata termasuk ke dalam makanan penurun gula darah.

Di dalam bawang putih terdapat kandungan senyawa yang bisa membantu mengurangi kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

Alpukat
Makanan penurun gula darah berikutnya adalah buah alpukat. Buah ini sudah cukup dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Hal ini disebabkan karena adanya kandungan lemak tak jenuh pada buah alpukat. Kandungan tersebut dinilai bisa menurunkan kadar gula darah pada tubuh. 

Baca Juga: 3 Tips Mengendalikan Diabetes

Tomat
Anda bisa mengonsumsi tomat segar dengan cara mentah, jus tanpa menggunakan gula, dan menjadi bahan pendamping lauk. Tomat merupakan makanan penurunan gula darah yang berikutnya.

Tomat dinilai memiliki indeks glikemik (GI) yang cukup rendah dan terbukti bisa mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. 

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan termasuk makanan yang dapat menurunkan gula darah. Hal ini dinilai karena kacang-kacangan sangat kaya akan serat dan memiliki GI 55 atau bahkan lebih rendah.

Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya mengandung protein, nabati tingkat tinggi, asam lemak tak jenuh, dan sebagainya. 

BACA JUGA: Cek FASHION & BEAUTY,  Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini


Editor: Farid R Iskandar

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA