Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Sunday, 10 Safar 1442 / 27 September 2020

Menhub Minta Ada Penambahan Gate di Pelabuhan Merak

Kamis 19 Dec 2019 18:01 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Dwi Murdaningsih

Penumpang ASPD diprediksi naik 5 persen. Foto: Pelabuhan Merak.

Penumpang ASPD diprediksi naik 5 persen. Foto: Pelabuhan Merak.

Foto: Republika TV/Fakhtar Khairon Lubis
Penumpang ASPD diprediksi naik 5 persen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak-Bakauheni diprediksi akan mengalami peningkatan.  Hal tersebut diprediksi terjadi karena sudah dibukanya Tol Trans Sumatra. 

Baca Juga

Untuk itu, Budi meminta PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) melakukan berbagai kesiapan. "Kami menekankan agar ASDP menyiapkan sistem IT yang baik, membuat gate yang lebih banyak, dan menyiapkan lapangan parkir yang besar," kata Budi, Kamis (19/12). 
 
Budi menambahkan lonjakan penumpang kapal juga akan terjadi di wilayah timur Indonesia. Dia memastikan Kemenhub sudah mengalokasikan 40 kapal untuk membantu melayani penumoang di wilayah Indonesia timur dan beberapa diantaranya adalah bantuan kapal dari TNI.
 
“Untuk sektor laut terutama di wilayah Timur Indonesia agar penumpang kapal dapat terlayani dengan baik, namun di satu sisi keselamatan tetap terjamin. Karena kami tidak memperbolehkan kapal mengalami over kapasitas," jelas Budi. 
 
Sementara itu, Direktur Teknik dan Operasional ASDP Indonesia Ferry La Mane memprediksi kenaikkan penumpang pada Natal dan Tahun Baru 2019/2020 akan terjadi peningkatan. "Kami prediksi penumpang bisa naik hingga lima persen," ujar Mane di Jakarta, Kamis (19/12). 
 
ASDP memprediksi penumpang pada periode tetsebut bisa mencapai 2,23 juta orang, sementara tahun lalu hanya 2,13 juta orang. Mane memastikan ASDP sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi kenaikan penumpang pada 
 
Mane mebambahkan ASDP sudah meningkatkan layanan berbasis digitalisasi di sembilan lintasn terpantau nasional. Mane mengharapkan penumpang dapat membeli tiket kapal secara daring melalui tiket.indonesiaferry.co.id
 
Jika penumpang membeli tiket secara daring, kata Mane ada kelebihan prioritas yang didapatkan. "Ada zona parkir sendiri buat penumpang membeli tiket online, diprioritaskan juga jalurnya bisa naik duluan ke kapal," ungkap Mane. 
 
Mane memastikan ASDP juga sudah menyiapkan alat produksi di sembilan lintasan terpantau nasional. Dia menegaskan selama Natal dan Tahun Baru 2019/2020, ASDP menyiapkan 48 dermaga dan 187 unit kapal termasuk dari swasta yang tersebar di 15 unit pelabuhan dan 11 cabang pelayanan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA