Rabu 18 Dec 2019 23:00 WIB

UGM Hadirkan Kanal Pengetahuan untuk Masyarakat Umum

UGM ingin menjadi kampus yang inklusif.

Universitas Gadjah Mada.
Universitas Gadjah Mada.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Universitas Gadjah Mada menghadirkan laman "kanalpengetahuan.ugm.ac.id" sebagai kanal pengetahuan yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas. Kepala Pusat Inovasi dan Kebijakan Akademik (PIKA) Universitas Gadjah Mada (UGM) Hatma Suryatmojodalam mengatakan kanal pengetahuan dibuat sebagai wujud untuk mengimplementasikan semangat UGM sebagai kampus inklusif.

"Pengetahuan dan informasi yang ada di UGM tidak boleh secara eksklusif hanya diakses oleh mereka yang menjadi bagian dari sivitas akademika UGM. Masyarakat luas memiliki hak untuk memperoleh pengetahuan dari UGM," kata Hatma.

Baca Juga

Ia mengatakan UGM dengan 18 fakultas dan 2 sekolah, serta lebih dari 250 program studi menjadi perguruan tinggi dengan kekayaan disiplin ilmu yang paling luas di Indonesia.  Dengan mengakses lamankanalpengetahuan.ugm.ac.id, masyarakat dapat menyaksikan konten berita, pendidikan, penelitian, pengabdian, menara ilmu, dokumenter, serta konten seni dan budaya yang diunggah di kanal pengetahuan di masing-masing fakultas.

Mulai dikembangkan pada tahun 2016, kini setiap fakultas telah memiliki kanal pengetahuan beserta tim khusus yang secara rutin mengunggah konten dalam bentuk artikel, infografis, maupun video. "Setiap bulannya, masing-masing fakultas mengunggah dua sampai tiga konten," katanya.

Di samping menjadi sarana untuk membagikan ilmu kepada masyarakat umum, menurut dia, kanal pengetahuan juga menjadi sarana pembelajaran eksternal bagi mahasiswa UGM sendiri. Ia menambahkan, setelah berhasil mengembangkan kanal pengetahuan, UGM kini memiliki kanal TV UGM atau UGM Channel yang khusus menampilkan konten-konten audio visual yang bisa disaksikan secara langsung melalui laman channel.ugm.ac.id.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement