Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Hujan Deras, Belasan Pohon Tumbang di 11 Titik di Bandung

Rabu 18 Dec 2019 20:41 WIB

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Ani Nursalikah

Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang berlangsung 1 jam lebih menyebabkan belasan pohon tumbang. Sebagian bahkan menimpa beberapa mobil, Rabu (18/12).

Hujan deras disertai angin kencang di wilayah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung yang berlangsung 1 jam lebih menyebabkan belasan pohon tumbang. Sebagian bahkan menimpa beberapa mobil, Rabu (18/12).

Foto: dok. Istimewa
Warga Bandung diimbau waspada pohon tumbang saat hujan deras.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan, dan Pertamanan Kota Bandung mengungkapkan hujan deras disertai angin kencang menyebabkan belasan pohon tumbang, Rabu (18/12) sore. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat 11 titik lokasi pohon tumbang.

Pohon tumbang terjadi di Jalan Dago, Jalan Viaduct, Jalan Batununggal, Jalan Gudang Utara No 9, jalan Lengkong, sekitar ITB, di Jalan Kopo dua lokasi, Jalan Adhyaksa, Jalan Peta, Jalan Merdeka (Polrestabes/El Royal), dan Jalan Lengkong Dalam.

Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan Kota Bandung, Agus Hidayat mengungkapkan belum mendata jumlah pohon yang tumbang di 11 titik tersebut. Petugas masih di lapangan untuk mengevakuasi pohon yang memiliki ukuran bervariasi.

"Petugas masih di lapangan, iya, jumlahnya belasan," ujarnya, Rabu (18/12). Berdasarkan pantauan, hujan deras disertai angin kencang terjadi sekitar pukul 16.30 WIB dan berlangsung kurang lebih satu jam.

Dengan melihat kondisi cuaca ekstrem, Agus mengimbau kepada warga Bandung untuk berhati-hati saat turun hujan. Sebaiknya, ia mengungkapkan warga tidak menyimpan kendaraan dibawah pohon dan menghentikan kendaraan apabila terjadi hujan angin.

Di Hotel Kedaton di Jalan Suniaraja, pohon berukuran besar tumbang yang berada dipinggir halaman hotel menimpa tiga unit mobil yang terparkir disebelahnya. Akibatnya, dua mobil tersebut mengalami kerusakan dan penyok dibagian atap yang cukup berat dan satu unit mobil tidak terlalu parah.

Petugas yang berada di lokasi memotong batang pohon ke beberapa bagian agar mobil bisa dievakuasi. Salah seorang sekuriti Hotel, Yogi mengaku peristiwa pohon tumbang terjadi sekitar pukul 17.00 WIB akibat hujan deras disertai angin kencang.

Baca Juga

"Pohon sempat goyang terus ambruk," ujarnya.

Saat hujan deras disertai angin kencang tengah berlangsung, salah seorang pemilik mobil, Fani (50 tahun) mengaku sedang berada di dalam mobil. Namun, ia kemudian memilih keluar mobil dan masuk ke hotel karena ingin ke toilet.

"Saya keluar mobil mau ke toilet, nggak lama dari itu, saya lihat (dari hotel) pohon tumbang terus menimpa mobil saya," katanya.

Ia mengaku kaget mobilnya rusak akibat pohon tumbang dan belum menghitung kerugian. Namun, katanya, manajemen hotel mengaku akan menyelesaikan kerugiannya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA