Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

NTT Dapat Hibah Rp 80 M Bangun Trans Flores

Rabu 18 Dec 2019 20:03 WIB

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih

Labuan Bajo.  NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020.

Labuan Bajo. NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020.

Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
NTT mendapat hibah Rp 80 M untuk membangun Trans Flores pada 2020

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Pusat sekitar Rp 80 miliar. Hibah itu digunakan untuk pembangunan jalan trans utara Pulau Flores pada 2020.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi NTT, Lecky Frederich Koli mengatakan jumlah dana hibah tersebut naik dibandingkan pada 2019 sebesar Rp 23 miliar. Dia mengatakan, pembangunan jalan trans utara Pulau Flores sudah dimulai pada 2019.

Pembangunan sudah dimulai dari wilayah Nggorang di Kabupaten Manggarai Barat dan akan diteruskan menuju wilayah Riung di Kabupaten Ngada hingga Kabupaten Sikka. "Trans utara Flores ini akan kita selesaikan dengan dukungan dana hibah yang totalnya mencapai sekitar Rp 130 miliar lebih sampai 2021," katanya.

Lecky Koli menjelaskan, pembangunan jalan dilakukan dalam skema pengembangan wilayah Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang telah ditetapkan pemerintah sebagai daerah tujuan wisata super prioritas. Menurutnya, jalan trans utara ini sangat penting untuk dibenahi demi membuka akses ekonomi masyarakat. Banyak potensi sumber daya alam maupun pariwisata yang menyebar di wilayah utara Pulau Flores.

Dengan akses jalan yang lancar, maka sektor pariwisata di utara Pulau Flores yang selama ini sulit terjangkau bisa terbuka. Dengan demikian dapat dikembangkan lebih lanjut sebagai wisata penyanggah destinasi utama di Labuan Bajo.

"Prinsipnya infrastruktur jalan ini kunci utama yang bisa memicu berkembangnya berbagai sektor pembangunan. Karena itu, trans utara Flores ini jadi prioritas pemerintah," katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA