Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Thursday, 3 Rajab 1441 / 27 February 2020

Satu Rumah Tertimpa Longsor di Lembang

Rabu 18 Dec 2019 13:35 WIB

Red: Nur Aini

Ilustrasi tanah longsor.

Ilustrasi tanah longsor.

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa longsor di Lembang

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG BARAT -- Sebuah rumah di Kampung Lebak Cihideung, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat ditimpa longsor hingga rusak berat.

Baca Juga

Ketua RT 02 RW 17 Jayagiri, Jajang Rosadi memperkirakan longsor itu terjadi pada Selasa (17/12) sekira pukul 17.30 WIB. Menurutnya saat longsor terjadi, rumah dalam keadaan tanpa penghuni.

"Bangunan ini memang kosong, jadi tidak ada korban jiwa," kata Jajang di lokasi longsor, Rabu (18/12).

Berdasarkan kesaksian, saat itu hendak beribadah ke masjid dan tiba-tiba mendengar suara gemuruh yang diduga adalah longsor. Menurutnya saat longsor terjadi, hujan juga mengguyur kawasan tersebut.

"Kemudian saya lihat, ternyata ada longsor. Benteng rumah milik Pak Ajat, ambrol dan menimpa bangunan dan dan satu sepeda motor yang ada di bawahnya," kata dia.

Menurutnya longsor juga memutus akses jalan warga dan menimbun satu unit kendaraan roda dua. Saat ini, warga sekitar kerja bakti untuk membersihkan material longsor agar akses jalan kembali bisa dilalui.

"Untuk bangunan yang terkena longsor kemungkinan harus dirobohkan. Namun kita masih menunggu izin dari pemilik rumah," kata Jajang.

Sementara itu, Ketua RW 17 Aep Saepudin mengatakan memang sebelumnya ada retakan tanah di sekitar area longsor. Akibat tak kuat menahan air, menurutnya hal tersebut menjadi penyebab longsor.

Aep juga menyebut saat longsor terjadi, hujan terus mengguyur sejak siang hingga malam hari. Selain dua rumah yang rusak, menurut dia ada tiga rumah lainnya yang terancam.

"Kita mengajak masyarakat untuk gotong royong, karena ada jalan warga juga yang tertutup," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA